KETRAMPILAN RAJUT MENGANTAR SISWA SMK EL HAYAT SIAP BERWIRAUSAHA

Budi Siswanto, Dewi Astuti Mochtar, Eko Yuni Prihantono

Abstract


Tujuan didirikannya SMK adalah menghasilkan tenaga terdidik yang siap kerja, dengan berbagai ketrampilan yang diberikan untuk mengasah hard skill maupun softskill mereka harapannya adalah ketika lulus siswa siap kerja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, berjalannya waktu, persaingan yang ketat menyebabkan ketersediaan lowongan kerja bagi siswa yang lulusan SMK menjadi semakin sempit, untuk itulah maka siswa SMK sekarang tidak lagi diarahkan untuk bekerja kepada orang lain namun harus bisa membuka lowongan atau menciptakan kerja sendiri. Berdasar kenyataan itu maka berbagai kegiatan pelatihan untuk menunjang kemandirin mereka terus diberikan.

Ketrampilan pembuatan berbagai asesoris dari bahan rajut menjadi pilihan untuk diberikan kepada siswa SMK, karena asesoris rajut saat ini mengalami peningkatan permintaan, baik sebagai asesoris kecantikan, sebagai hadiah ulang tahun maupun untuk cinderamata pernikahan. Hasil ketrampilan pembuatan cinderamata berupa aneka mainan untuk gantungan kunci, jepit rambut, bros. Diharapkan dengan ketrampilan pembuatan asesoris ini siswa SMK El Hayat utamanya bisa menghasilkan produk yang bisa dijual saat ada pameran sekolah atau pada saat ikut pameran di luar sekolah.

Merajut adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana, aneka suvenir (gantungan kunci) dari benang rajut, Rajut dapat diartikan jaring/jala, jala atau bahan pakaian yang disirat manual (menggunakan tangan) maupun menggunakan mesin rajut. Sedangkan Rajutan dapat diartikan bahan pakaian yang dibuat oleh tangan maupun mesin rajut atau dapat pula diartikan hasil merajut. Hasil rajutan dapat berupa pakaian, tas, kaos kaki, topi, vest dan baju bayi, aneka suvenir (gantungan kunci) Ada beberapa jenis benang yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kain rajut seperti benang katun, polyester serta sutra yang dipintal menjadi benang.

Full Text: pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.