PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PETANI PEKEBUN DENGAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN/PERKEBUNAN, UMKM DAN PEMBELAJARAN MELALUI KKN-PPM DI DESA MALLONGI-LONGI KABUPATEN PINRANG

Nur Anny S Taufieq, Wahidah Sanusi

Abstract


Kegiatan KKN-PPM dilaksanakan di tiga dusun yang ada di Desa Mallongi-longi, Kabupaten Pinrang. Tujuan kegiatan ini adalah: a) Mengoptimalkan diversifikasi dengan pengelohan hasil perkebunan dan pertanian menjadi berbagai produk jadi; b) Mengolah hasil tani/kebun menjadi berbagai produk yang bernilai ekonomis; c) Dapat membuat kemasan dan pemasaran produk hasil pertanian/perkebunan;d) Pembentukan dan pemberdayaan masyarakat dalam UMKM e) Menciptakan masyarakat bebas putus sekolah, buta huruf, buta baca Qur’an dan buta aksara di wilayah KKN-PPM; f) Meningkatkan Kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak, guru dan orang tua di lingkungan sekolah dan rumah; dan g) Mengoptimalkan peranan masyarakat dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Permasalahan mitra adalah: a) Hasil pertanian/perkebuanan dijual dengan hasil yang sangat murah; b) Kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengolah hasil pertanian/perkebunan menjadi produk jadi bernilai ekonomis; c) Belum maksimalnya pengetahuan masyarakat tentang UMKM; d) Banyaknya anak usia 6 s/d 12 tahun putus sekolah dan yang tidak bersekolah; e) Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan; f) rendahnya pendidikan non-formal;   g) Rendahnya motivasi anak-anak dan orang tua tentang pentingnya pendidikan. Metode yang digunakan adalah melakukan penyuluhan, memberikan pelatihan olah hasil perkebunan menjadi produk jadi bernilai ekonomis seperti keripik terong, baruasa, manisan, dll., Tudang Sipulung, pendidikan dan pengajaran non-formal kepada anak putus sekolah selama pelaksanaan kegiatan, pendampingan pembentukan UMKM dan penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya kesehatan dengan menciptakan lingkungan rumah dan sekolah yang bersih. Luaran yang diharapkan adalah: 1) Meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat berbagai produk jadi hasil perkebunan, 2) Meningkatkan kesadaran, wawasan, motivasi, kemampuan, keterampilan dan perilaku anak-anak putus sekolah dan siswa, 3) Menciptakan masyarakat bebas buta huruf dan aksara serta bebas anak-anak putus sekolah 4) Meningkatkan Kualitas pendidikan Dasar dengan pembimbingan, pembelajaran tambahan, Cerdas Cermat dan pengajaran baca Qur’an,  5) Perbaikan sistem pada kelompok petani/pekebun dengan UMKM; 6) Publikasi ilmiah, teknologi tepat guna dan produk olahan hasil pertanian/perkebunan seperti Barongko dan Nugget Terong.


Keywords


Home schooling, UMKM, Barongko dan Nugget Terong

References


daerah Kabupaten Pinrang.

Bappeda Kabupaten Pinrang, 2012 http://bisnisukm.com

Cyio, M.B. 2008. Efektivitas bahan organik dan tinggi genangan terhadap perubahan Eh, pH, dan status Fe, P, Al terlarut pada tanah ultisol. Jurnal Agroland 15 (4): 257-263.

Dahlan & Prayogi, A.Z. 2008. Pengaruh jarak tanam berganda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung. Jurnal Agrisistem 4 (2): 101-108.

Danial, M., Taufieq, Nur Anny S. & Sanusi, W. 2008. Pemanfaatan zeolit dan bokashi ampas tahu untuk menekan konsentrasi nikel dan meningkatkan pertumbuhan baby corn pada tanah tambang di Soroako. Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Danial, M., Taufieq, Nur Anny S. & Sanusi, W. 2009. Pemanfaatan zeolit dan bokashi ampas tahu untuk menekan konsentrasi nikel dan meningkatkan pertumbuhan baby corn pada tanah tambang di Soroako. Penelitian Hibah Bersaing Tahun Kedua. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Ginting, R., Razali & Nasution, Z. 2013. Pemetaan status unsur hara C-organik dan nitrogen di perkebun nanas (Ananas comosus L. Merr) rakyat Desa Panribuan Kecamatan Dolok Silau Kabupaten. Jurnal Online Agroekoteknologi 1(4): 1308-1318.

Kabupaten Pinrang dalam Angka, 2015

Kecamatan Lanrisang dalam Angka, 2012.

Taufieq, Nur Anny S. 2005. Pemanfaatan limbah pabrik gula (blotong) sebagai pupuk organik. Jurnal Teknika 13 (1): 43-48.

Taufieq, Nur Anny S. 2006. Dampak limbah bahan organik terhadap lingkungan perairan. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya Edisi Khusus: 115-120.

Taufieq, Nur Anny S. 2010a. Pemanfaatan zeolit dan bokashi ampas tahu untuk menekan konsentrasi logam berat pada tanah podsolik merah kuning di Soroako. Jurnal Chemica 11 (1): 9-14.

Taufieq, Nur Anny S. 2010b. The utilization of zeolith and bokashi of tofu waste to improve of baby corn growth at ultisol soil in Soroako. Jurnal Teknosains 4 (2): 220-228.

Taufieq, Nur Anny S., Rahim, S.A. & Jamil, H. 2013. Effectiveness of the bran media and bacteria inoculum treatments in increasing pH and reducing sulfur-total of acid sulfate soils. AIP Conference Proceedings 1571: 647-653.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.