PENGOLAHAN EFLUEN IPAL KOMUNAL RT 4 RW 8 KELURAHAN BARENG DENGAN HIDROPONIK

Evy Hendriarianti, Hardianto ., Yusuf Ismail Nakhoda

Abstract


Lokasi mitra kegiatan abdimas di RT 4 RW 8 Kelurahan Bareng mempunyai fasilitas IPAL Komunal yang dikelola masyarakat setempat dalam bentuk Kelompok Sanitasi Masyarakat (KSM) Purworupo.

Pada kegiatan abdimas ini akan dilakukan pemberian materi pengolahan efluen IPAL Komunal dengan teknik hidroponik sehingga bisa mengurangi kandungan nutrien efluen sebelum dibuang ke badan air penerima. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penelitian internal sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tahun 2017.

Kegiatan pemanfaatan efluen IPAL Komunal sebagai media tanaman hidroponik  di RT 4 RW 8 Kelurahan Bareng mempunyai prospek pengembangan positif dalam upaya pemanfaatn efluen IPAL Komunal dan pengendalian kualitas air sungai. Permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan abdimas ini adalah fluktuasi kualitas efluen IPAL Komunal yang menyebabkan ketidak stabilan proses pengolahan dengan teknik hidroponik. Kondisi ini beresiko pada pertumbuhan tanaman dan kualitas efluen dari hasil pengolahan air limbah dengan teknik hidroponik. Faktor kekuatan dalam kegiatan ini pendanaan dari ITN Malang, hasil riset sebelumnya, informasi aplikasi teknologi fitoremediasi air limbah dan kesediaan masyarakat sebagai mitra abdimas. Sedangkan kelemahan dalam kegiatan abdimas ini keterbatasan waktu warga dalam perencanaan jadwal sosialisasi awal dan keterbatasan ruang untuk penempatan reaktor hidroponik.


Keywords


abdimas, efluen IPAL Komunal, hidroponik

References


Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2016, LPPM ITN Malang , 2016.

Hendriarianti, Evy dan Nieke Karnaningroem. 2015. Hasil Evaluasi Kinerja IPAL Komunal USRI disepanjang DAS Brantas Kota Malang. Hibah Bersaing Dikti 2015.

Hendriarianti, Evy. 2017. Penurunan Nutrien Amoniak Dan IPAL Komunal Tlogomas Dengan Fitoremediasi. Laporan Akhir Penelitian Internal ITN Malang.

Istiqomah, Siti. 2007. Menanam Hidroponik. Jakarta: Azka Mulia Media.

www.unep.or.jp/Ietc/Publications/Freshwater/FMS2/1.asp diakses 10 Januari 2018.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.