Konstruksi Makna Kegiatan “Traveling & Teaching” Komunitas 1000 Guru oleh Relawan

Allegra Gabriella Esther, Hanny Hafiar, Heru Riyanto Budiana

Abstract


Penelitian ini didasari oleh fenomena di dalam kegiatan traveling & teaching oleh Komunitas 1000 Guru, sebuah komunitas peduli pendidikan pedalaman dan perbatasan Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, para sukarelawan akan membayar sejumlah biaya untuk pergi ke salah satu pedalaman di Indonesia, tinggal selama tiga hari dua malam dan mengajar anak – anak di sekolah yang membutuhkan bantuan. Dalam penelitian ini, dapat diketahui bagaimana relawan memaknai traveling & teaching. Menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis studi fenomenologi dan teori fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna terbagi menjadi tiga yaitu makna sebagai kegiatan, sebuah kegiatan peduli pendidikan, dan pemahaman akan pendidikan di pedalaman, selain itu terdapat makna Komunitas 1000 Guru yang juga mempengaruhi relawan dalam memaknai traveling & teaching.


Full Text: PDF () PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Nomosleca

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP
Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:
Jalan Terusan Raya Dieng No.62-64 Malang, 65146, Jawa TImur, Indonesia
Phone & Fax: (0341) 580537
Whatsapp: +6281333498586
Email: ljurnal_nomosleca@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.