Analisis Perlindungan Foto Atau Video Influencer Review Untuk Kepentingan Komersial: Studi dari Undang-Undang Hak Cipta
DOI:
https://doi.org/10.26905/blj.v5i2.13417Keywords:
Copyright, E-commerce, Influencer Review, Social Media.Abstract
ABSTRAK
The development of internet technology has transformed conventional life into digital, eliminating distance and time barriers and encouraging electronic transactions. E-commerce is now an essential part of online business activities, encompassing marketing, sales, and payments. Influencers on platforms such as Instagram and TikTok play a significant role in influencing consumers to shop online. However, it is often the case that their product review photos or videos are taken without permission by other parties for promotion, which constitutes copyright infringement. For example, the copyright infringement case by the Shopee account against TikTok influencer @softdescent3d. Law Number 28 Year 2014 on Copyright regulates the legal protection of photographic works for commercial purposes without permission. This research aims to explore the legal protection of influencer photos or videos and the remedies that aggrieved influencers can take. The method used is normative juridical, with approaches including statute and case approaches. The result of this research is that legal protection of influencer photo or video reviews is very important because copyright gives exclusive rights to the creator, including moral rights and economic rights. Influencers have a great influence on purchasing decisions, but unauthorized use of their work infringes copyright and can manipulate consumers. Legal protection is necessary to safeguard the rights of creators and ensure they get the economic benefits they deserve.
References
Anugrah, A. W. (2023). “Pertanggungjawaban Online Shop Menggunakan Konten Endorsment Orang Lain Tanpa Izin di Instagram Untuk Kepentingan Komersialâ€. Jurnal Hukum dan Sosial Politik, 1(4), 238-247.
Anugrah, A. W. (2023). Pertanggungjawaban Online Shop Menggunakan Konten Endorsment Orang Lain Tanpa Izin Di Instagram Untuk Kepentingan Komersial. Jurnal Hukum dan Sosial Politik, 1(4), 238-247.
Arum, S.O. & Hadi, H. (2021). “Problematika dalam Perlindungan Hak Cipta atas Foto Produk Digital pada Media Sosial Instagramâ€. Jurnal Hukum Bisnis, Volume 9., No. 2.
Aulia, M. R. “Penggunaan Tanpa Hak Foto Pribadi Artis dalam Media Sosial Instagram untuk Kepentingan Komersialâ€.
Borchers, N. S. (2019). “Social media influencers in strategic communicationâ€. International Journal of Strategic Communication, 13(4), 255-260.
Giles, D. C., & Edwards, L. (2018). “Instagram and the rise of the social media ‘influencer’â€. In Twenty-first century celebrity: Fame in digital culture (pp. 155-173). Emerald Publishing Limited.
Girsang, Chyntia, N. (2020). “Pemanfaatan micro-influencer pada media sosial sebagai strategi public relations di era digitalâ€. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206-225.
Hadjon, P. M. (1987). “Perlindungan hukum bagi rakyat di Indonesia: sebuah studi tentang Prinsip-prinsipnya, penanganannya oleh pengadilan dalam lingkungan peradilan umum dan pembentukan peradilan administrasi negaraâ€. Bina Ilmu.
I Made Febrian Sutriana, “Perlindungan Hak Cipta Atas Video Yang Disiiarkan Secara Langsung Di Instagramâ€, Kertha Negara, Vol. 9 No. 1, 2021.
Jaman, U. B., Putri, G. R., & Anzani, T. A. (2021). “Urgensi Perlindungan Hukum Terhadap Hak Cipta Karya Digitalâ€. Jurnal Rechten: Riset Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 3(1), 9-17.
Jannah, M. (2018). “Perlindungan hukum hak kekayaan intelektual (haki) dalam hak cipta di Indonesiaâ€. Jurnal Ilmiah Advokasi, 6(2), 55-72.
Kantaatmadja, M. K. (2002). “Cyberlaw: suatu pengantarâ€. Bandung: Elips.
Khairiah, N. (2023). “Perlindungan Hukum Terhadap Foto Produk Online Shop Yang Digunakan Pihak Lain di Instagram Untuk Kepentingan Komersial Berdasarkan Undang–Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta (Studi Kasus pada Online Shop Mellbrush, Notyourcompany, dan PMcollection. pku di Kota Pekanbaru)â€. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Lestari, N. M. A. M., Priyanto, I. M. D., & Sukerti, N. N. (2017). “Pengaturan dan Prosedur Pendaftaran Hak Cipta Berbasis Onlineâ€. Jurnal Kertha Semaya, 5(2).
Makarim, E. (2013). “Kerangka kebijakan dan reformasi hukum untuk kelancaran perdagangan secara elektronik (e-commerce) di Indonesiaâ€. Jurnal Hukum & Pembangunan, 44.
Oriza Sekar Arum, “Problematika dalam Perlindungan Hak Cipta atas Foto Produk Digital pada Media Sosial Instagramâ€, dalam Jurnal Hukum Bisnis, Volume 9., No. 2., (2021).
Prahmana, V. D., & Wiradiputra, D. (2022). “Predatory Pricing Dalam E-Commerce Menurut Perspektif Hukum Persaingan Usahaâ€. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(3).
Rahmati. 2009. “Pemanfaatan Ecommerce Dalam Bisnis Di Indonesia.†http://citozcome.blogspot.com/2009/0%205/pemanfaatan-e-commerce-dalambisnis-di.html.
Ratnawaty, L. (2015). “Pelaksanaan Transaksi E-Commerce Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008â€. YUSTISI, 2(1), 51-51.
Rehatalanit, Y. L. R. (2021). “Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis. Jurnal Teknologi Industriâ€, 5.
Seccio, C. S., & Pratama, K. M. F. (2023). “Aspek Hukum Terhadap Perlindungan Hak Cipta Dalam Penggunaan Foto Dan Video Untuk Promosi Bisnisâ€. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(6), 214-224.
Shofianti. “Dampak E-Commerce Terhadap Perubahan Kebiasaan Belanja Masyarakat Di Indonesia (Studi Kasus: Pembeli Online Di Platform E-Commerce Shopee)†(Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Sjahdeini, S. R. (2001). “e-commerce Tinjauan dari Perspektif Hukumâ€. Jurnal Hukum Bisnis, 12.
Tjahjono, M. (2023, Mei 10). Perlindungan Hak Cipta: Perlukah Dicatatkan Meskipun Tidak Diwajibkan? Retrieved from hukumonline.com: https://www.hukumonline.com/berita/a/perlindungan-hak-cipta--perlukah-dicatatkan-meskipun-tidak-diwajibkan-lt645b08fc8e754/?page=1
Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.
Wirdasari, D. (2009). Teknologi E-commerce dalam proses Bisnis. Jurnal Saintikom, 7(2), 324-335.
Yuswita, E. (2022). “Pengaruh Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Serta Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Berwirausaha†(Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Zahida, S. I., & Santoso, B. (2023). “Perlindungan Hak Cipta Terhadap Gambar Yang Telah Diunggah Pada Media Sosial Instagramâ€. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 5(1), 186-203.