Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Permainan Tradisional Berbasis Mobile
Abstract
Permainan tradisional merupakan salah satu warisan nenek moyang yang harus dijaga karena mengandung nilai-nilai kearifan lokal. permainan tradisional ini menimbulkan kesenangan ketika dilakukan. Dengan semakin pesatnya teknologi saat ini salah satu warisan Indonesia tertinggal dengan kemajuan jaman, dengan adanya teknologi Augmented Reality (AR) ini dapat membantu perkembangan dalam mengoptimalkan minat anak-anak sekarang agar tetap melestarikan permainan tradisional terhadap anak-anak jaman sekarang. hal itu, dibutuhkan transformasi dan transisi permainan tradisional kebentuk digital berbasis mobile. Dalam perancangan aplikasi pengenalan permainan tradisional ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall. Aplikasi ini menggunakan media marker based tracking digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna ketika kamera android diarahkan ke marker akan memunculkan objek 3D sekaligus informasi dari setiap objeknya. Aplikasi ini dibuat menggunakan unity3D, Vuforia sdk dan objek 3D dibuat menggunakan Blender. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi pengenalan permainan tradisional yang nantinya dapat membantu memudahkan dan mengenal lebih dalam informasi mengenai permainan tradisional sekaligus dalam upaya melestarikan peninggalan nenek moyang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Agustin, A. Evel, S. Susanti, and R. Rahmaddeni, “Implementasi Metode Finite State Machine pada Permainan Tradisional Setatak Berbasis Android,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 738–751, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.580.
Jamaluddin, V. S. br Tarigan, and J. Napitupulu, “‘Aplikasi Pengenalan Permainan Tradisional,’” J. Penelit. Tek. Inform. Univ. Prima Indones. Medan, vol. 3, no. 2, pp. 481–484, 2020.
M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, and J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 263–272, 2018, doi: 10.35968/jsi.v8i2.741.
D. Listyaningrum, “Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun,” GulawentahJurnal Stud. Sos., vol. 3, no. 2, p. 108, 2018, doi: 10.25273/gulawentah.v3i2.3463.
Z. R. Mair, M. Cs, and U. Haryani, “Jurnal TIPS : Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY,” vol. 10, no. 1, pp. 1–6, 2020.
N. Rianto, A. Sucipto, and R. Dedi Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, 2021.
F. S. Sanjaya, “Pelestarian Budaya Tak Benda Berupa Permainan Tradisional Benteng Dalam Bentuk Aplikasi Permainan Digital,” eProceedings Appl. Sci., vol. 7, no. 3, pp. 477–484, 2021.
A. Septiyani, I. Resmadi, S. Hidayat, F. I. Kreatif, U. Telkom, and P. Tradisional, “Perancangan Media Edukasi Untuk Pelestarian Nilai-Nilai Permainan Tradisional Khas Sunda Design of Education Media for Value Preservation of Sundanese,” vol. 7, no. 2, pp. 2015–2022, 2020.
M. Syifa, U. Zihan, M. Nishom, and R. Mustofa, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Sebagai Media Pengenalan Gamelan Jawa Tengah Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android,” 2020.
R. Yanti and M. F. Benyamin, “Perancangan Ilustrasi Buku Digital Permainan Tradisional Jawa Barat,” Visualideas, vol. 2, pp. 114–121, 2022.
DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v5i2.11325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang
Taman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia |
[email protected] |
0822-3333-4114 |
@jasiekunmer |
Supported By: