Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui person organizational fit pada jemaat Gereja HKBP Malang

Marulam Jhon Monry, Tanto Gatot Sumarsono, Mohammad Choldun Sina Setyadi

Abstract


Penelitian ini meneliti empat variabel yakni gaya kepemimpinan, budaya organisasi, person organizational fit, dan komitmen organisasi. diadakannya penelitian ini bertujuan guna menjelaskan dan menganalisis pengaruh dari gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada komitmen organisasi melalui person organizational fit pada jemaat gereja. sejumlah 100 sampel responden pada jemaat Gereja HKBP Malang diambil berdasarkan sejumlah pertimbangan. data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner penelitian, dengan teknik analisis data analisis jalur. hasil penelitian menunjukkan secara parsial gaya kepemimpinan dan budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasi, selain itu person organizational fit terbukti mampu memediasi gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada komitmen organisasi. pemimpin gereja dapat memperhatikan rasa person organizational fit yang akan menentukan kuatnya komitmen jemaat gereja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26905/j.bijak.v5i2.10134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL BISNIS DAN PERPAJAKAN (BIJAK)

D3 Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
University of Merdeka Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Building, Terusan Dieng Street 62-64
Malang City, East Java, Indonesia, 65146.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Other Link

Follow Us

Email jurnalbijak@unmer.ac.id
Websitehttps://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jb/
+6281-615-727-125

@2022 JURNAL BISNIS DAN PERPAJAKAN (BIJAK)  Creative Commons License  This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.