Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku minat wajib pajak orang pribadi dalam menggunakan e-Filing (Studi di Kabupaten Ende)

Antonius Gunawan Ghani, Dewi Kusumowati

Abstract


This study aims to examine whether perceptions of usefulness, perceptions of ease, perceptions of volunteerism, perceptions of social factors influence the behavior of the personal interests of taxpayers in the use of e-Filing in Ende Regency. Data obtained from the results of filling out the questionnaire by respondents totaling 86 individuals taxpayers who use e-Filing in Ende Regency. Questionnaire data were tested with validity, reliability, classic assumption tests, and to analyze hypotheses using multiple linear regression analysis, F test, and T test using the SPSS version 16.0 application. The results showed that the perception of usefulness and perception of social factors significantly influence the interest in e-Filing behavior. While perceptions of ease and volunteerism perceptions do not significantly influence the interest of taxpayers' behavior in using e-Filing. Keywords: perceived usefulness, perceived ease, volunteerism perception, perception of social factors,interest in the use of e-Filing.

Keywords


perceived usefulness, perceived ease, volunteerism perception, perception of social factors, interest in the use of e-Filing

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. 2016. Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadao Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Yogyakarta.Skripsi.Universitas Diponegoro Semarang.

Desmayanti.2012.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filing Oleh Wajib Pajak Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online Dan Real Time ( Studi Empiris Di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang

Handayani. 2007. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 10. Universitas Hasanuddin Makasar.Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-62/PJ./2014

Lie dan Sadjiarto. 2013. Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filing. Tax dan Accounting Review, Vol. 3, No.2.

Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak, Nomor: PER -36/PJ/2013.Peraturan Direktorat Jendral Pajak Nomor PER/1/PJ/2014.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Nomor 152/PMK.03/2009.

Perpustakaa Online.ComPutri. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Kepanjen). Journal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol 3, No.2.

Rizal. 2013. Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan Efiling Bagi Wajib Pajak Di Kota Manado. Jurnal Emba, Vol. 1, No. 3, Hal. 44-51

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung. Alfabeta

Tey.2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Minat Wajib Pajak OP dalam Menggunakan E-Filing Di Kota Malang. Skripsi. Universitas Merdeka Malang

Waluyo, 2010. Perpajakan Indonesia. Buku 1 Dan 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wina. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filing (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Kota Semarang). Skripsi. Universitas Gajamada Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.26905/j.bijak.v2i1.4304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL BISNIS DAN PERPAJAKAN (BIJAK)

D3 Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
University of Merdeka Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Building, Terusan Dieng Street 62-64
Malang City, East Java, Indonesia, 65146.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Other Link

Follow Us

Email jurnalbijak@unmer.ac.id
Websitehttps://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jb/
+6281-615-727-125

@2022 JURNAL BISNIS DAN PERPAJAKAN (BIJAK)  Creative Commons License  This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.