EVALUASI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA KABUPATEN MANGGARAI (Studi Kasus Pada Badan Keuangan kabupaten Manggarai Kota Ruteng)

Diana Westi Jebian, Cindy Getah Trisna June

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan Badan Keuangan Kabupaten Manggarai yang diindikasikan dengan komitmen, sumber daya manusia, sarana prasarana dan sistem informasi; untuk mengetahui kendala dalam implementasi PP No. 71 tahun 2010, tentang standar akuntansi pemerintah (SAP) dan untuk mengetahui model strategi menghadapi kendala dalam implementasi PP No. 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan (SAP) berbasis akrual. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek di Badan Keuangan Kabupaten Manggarai yang beralamat di Jl. Katedral No. 3 Ruteng, flores.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data sebelumnya maka kesiapan Badan Keuangan  Kabupaten Manggarai yang diindikasikan dengan komitmen, SDM, sarana prasarana, dan sistem informasi dapat disimpulkan bahwa BKKM dilihat dari parameter integritas/komitmen adalah kategori sangat siap, dan untuk kesiapan SDM, sarana prasarana dan sistem informasi adalah kategori siap. Model strategi menghadapi kendala dalam implementasi PP N0. 71 tahun 2010 tentang SAP berbasis akrual adalah dengan adanya bimbingan teknik dan pelatihan terkait SAP berbasis akrual serta menambah jaringan komputer yang sudah secara tersistem dengan program simda.  Kata kunci : SAP Berbasis Akrual, Komitmen, SDM, Sarana Prasarana dan sistem informasi.



DOI: https://doi.org/10.26905/bj.v2i2.5732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Information:

address icon redTerusan Dieng Street 62-64, Malang City, East Java, Indonesia, 65146.
jurnalbijak@unmer.ac.id
http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jb/

Whatsapp IDJCH

Statistics:

View My Stats

Indexing:


Tools:

TurnitinMendeleyGrammarly

Supported By:

Universitas Merdeka Malang


Creative Commons License
Bijak : Jurnal Ilmiah Bisnis dan Perpajakan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright ©2019 University of Merdeka Malang Powered by Open Journal Systems.