Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pemungutan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan dan Sosialisasi Perpjakan Terhadap Penerimaan Bea Perolehan Hak atas tanah dan Bangunan

Yohana Danut, Ary Yunita Anggraeni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  Untuk  mendeskripsikan  Apakah  sistem pemungutan   dan   sosialisasi   perpajakan   dapat   mengefektifkan   Penerimaan BPHTB, Untuk mendeskripsikan Seberapa Besarkah Dampak dari Sistem pemungutan Pajak dan sosialisasi Perpajakan terhadap Penerimaan BPHTB, dan juga bertujuan Untuk mendeskripsikan Apakah penerimaan BPHTB mengalami Peningkatan signifikan dari sistem pemungutan dan sosialisasi Perpajakan.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan, wawancara serta dokumentasi. Observasi yang dilakukan yaitu Mengadakan pengamatan dan mengumpulkan data secara langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan pelaksanaan penagihan pajak oleh Jurusita  Pajak  di  kantor  Dinas  Pendapatan  Daerah  Kota  Malang,  kemudian penulis juga melakukan wawancara dengan salah satu pihak yang terkait  yaitu Bapak Solikin selaku Wakil Kepala Bidang Pajak Daerah di kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Malang. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan tingkat efektivitas pelaksanaan   pemungutan   dan   sosialisasi   perpajakan   terhadap   penerimaan BPHTB   sudah   efektif,   hal   ini   dibuktikan   dengan   adanya   peningkatan penerimaan BPHTB pada Tahun 2017 prosentase penerimaan BPHTB sebesar 125% atau dikategorikan sangat efektif, tahun 2018 prosentase sebesar 101% juga  dikategorikan  sangat  efektif,     kecuali  pada  tahun  2019  mengalami penurunan   dengan tingkat prosentase sebesar 74% yang disebabkan karena terjadinya penundaan pembayaran pajak BPHTB pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Malang. Namun berdasarkan rata-rata prosentase dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019  tingkat efektivitas pelaksanaan pemungutan BPHTB dan sosialisasi perpajakan terhadap penerimaan BPHTB terbilang efektif yaitu dengan jumlah prosentase sebesar 100%.

Full Text:

PDF

References


Depdagri. Kepmendagri No. 690. 900. 327,1996, Tentang Pedoman Penilaian dan Kinerja Keuangan.

Emaretha Sherra. 2008. “ Analisis Pengaruh Pelaksanaan Pemungutan BPHTB dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Penerimaan BPHTB( Studi kasusu Pada kantor Pelayanan PBB Jakarta Selatan Satu)”: Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri

Syarif Hidayatullah. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2000 dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 51/KMK.04/2000 tentang Ketentuan Pembayaran BPHTB. Mardiasmo. 2014. Perpajakan Edisi Revisi 2014. Penerbit ANDI Yogyakarta.

Ratnawati dan Hernawati, 2016. Dasar-Dasar Perpajakan, Yogyakarta: Deepublish.

Saragih, Sarjeni Fatma. 2013. “Analisis Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur”. Thesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Suandy, Erly. 2011. Hukum Perpajakan. Edisi 5. Penerbit Salemba Empat.Jakarta Selatan.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan TataCara Perpajakan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1997 Pasal 23 tentangPembagian Hasil Penerimaan BPHTB Waluyo, 2011. Perpajakan Indonesia. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.26905/bj.v3i2.6593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL BISNIS DAN PERPAJAKAN (BIJAK)