PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA KEPAKISAN DATARAN DIENG
DOI:
https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2250Keywords:
pemberdayaan, Community Based Tourism, pelatihanAbstract
Dieng merupakan kawasan yang memiliki dataran tinggi. Dieng memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan dan sangat menarik untuk ditawarkan. Pendekatan community based tourism diharapkan bisa dipakai sebagai salah satu pendekatan yang bisa melibatkan partisipasi masyakarat lokal bekerjasama dengan pemerintah, perusahaan dan perguruan tinggi. Kekuatan pendekatan ini adalah bertumpu pada masyarakat dan berorientasi pada lingkungan alam serta menjunjung tinggi nilai budaya tradisional dengan tetap mempertahankan kearifan lokal. Objek pengabdian ini dilakukan di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pengabdi beserta aparat pemerintah dan masyarakat lokal melakukan; (1) pemetaan potensi wisata dan penentuan skala prioritas lokasi wisata, (2) menjembatani pendanaan melalui dana program tanggung jawab social lingkungan (TJSL) BUMN (Perum BULOG), (3) pemberdayaan masyarakat dengan pembersihan telaga dan melakukan pelatihan UKM olahan makanan kepada mayarakat. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan masyakarat dengan melibatkan secara langsung aparat pemerintah dan masyarakat lokal melalui pendekatan community based tourism. Hasilnya masyarakat Desa Kepakisan memiliki telaga yang bersih dan bermanfaat untuk kegiatan pemancingan, lokasi berkumpulnya warga untuk kegiatan nasional, penjualan usaha makanan dan minuman di lokasi setempat, pengairan untuk perkebunan dan destinasi wisata sehingga bisa menggerakkan kegiatan perekonomian masyarakat lokal.
Â
References
Andriana, R. (2007). Evaluasi Kawasan Lindung Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Tesis, Program Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Diponegoro. Semarang.
Anonim (2016). Data statistik Desa Kepakisan.
Hadi, N. (1995). Corporate Social Responsibility, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Hausler, N. (2005). Definition of Community Based Tourism. Tourism Forum International at The Reisepavillon. Hanover.
Mitchell, R. E., & Reid, D. G. (2001). Community integration: Island tourism in Peru. Annals of Tourism Research, 28(1), 113-139.
Muafi & Roostika, R. (2014). Organizational Performance and Competitive Advantage Determinants of Creative SMEs, European Journal of Economics and Management, 1(2), 7-25.
Muafi (2009). The Effect of Alignment Competitive Strategy, Culture, and Role Behavior on Organizational Performance in Service Firms. The International Journal of Organizational Innovation (IJOI), 2(1), 106-133.
Muafi (2012). Pola Hubungan Inovasi Organisasi, People Equity dan Kinerja UKM, Ekuitas, 16(2), 230-244.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
- Publisher of Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang is University of Merdeka Malang.
- The copyright follows Creative Commons Attribution-ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to share, copy, and redistribute the material in any medium or format, adapt, remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.