PELATIHAN RANCANG BANGUN ALAT PERAGA PRAKTIKUM FISIKA BAGI GURU-GURU FISIKA SMA

Authors

  • Tatik Juwariyah Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Sigit Pradana Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Yuhani Djaya Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2251

Keywords:

teknologi pakan ternak, olahan susu, sapi perah

Abstract

Hambatan praktikum fisika di tingkat SMA disebabkan oleh beberapa faktor.Salah satu faktor tersebut adalah masih jarangnya pelatihan penguasaan peralatan laboratorium bagi para guru.Akibatnya kreatifitas guru fisika dalam mempraktekkan konsep fisika yang diajarkan masih rendah sehingga diperlukan pelatihan perancangan alat peraga praktikum fisika.Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan perancangan alat peraga praktikum fisika yang sedang up to date yaitu alat peraga pembangkit listrik energi terbarukan. Alat peraga praktikum  pembangkit listrik energi terbarukan yang  diberikan pada kegiatan pelatihan ini adalah pembangkit listrik tenaga angin (wind turbine). Pelatihan ini dapat dibagi menjadi dua tahap. Pertama, penjelasan komponen-komponen yang diperlukan dalam merancang alat peraga pembangkit listrik energi angin. Kedua, pengujian alat hasil rancangan yaitu dengan memvariasikan kecepatan angin yang datang pada alat peraga energi angin dan mengukur daya listrik yang dihasilkan. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para peserta(guru) dilatih merangkai komponen-komponen alat peraga. Namun para guru belum sempat melakukan pengambilan data dan menganalisis data hasil pengujian alat peraga secara mandiri. Namun demikian  para guru telah diperagakan cara mengambil data variasi kecepatan angin terhadap daya keluaran. Adanya pelatihan perancangan alat praktikum  fisika berupa alat peraga pembangkit listrik energi terbarukan khususnya pembangkit listrik tenaga angin bagi guru-guru fisika diharapkan dapat menjadi salah satu solusi hambatan pelaksanaan praktikum  fisika di tingkat  SMA.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2251

References

Iqlima N.A.D., & Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Bndul Matematis untuk Melatih Ketrampilan Proses Siswa pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di Kelas XI SMAN 3 Tuban, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 189-194.

Riki, P. (2015). Perancangan Alat Peraga Kolektor Surya Pemanas Air Guna Menjelaskan Suhu dan Kalor Pada Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo, Jurnal Radiasi, 6(1).

Rus, S. R. (2013). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negeri Kabupaten Purworejo, Jurnal Radiasi, 3(1).

Ruzita S. (2013), Rancang Bangun Miniatur Turbin Angin Pembangkit Listrik Untuk Media Pembelajaran, Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang, 3(2).

Sudarmadi (2012). Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Fisika SMA/SMK Binaan dalam Membuat Alat Peraga Praktikum Fisika SederhanaMelalui Pendampingan di Kabupaten Kulonprogo, Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY, Purworejo.

Sutrisno. (1986). Elektronika, Teori Dasar dan Penerapannya, Jilid 1, Penerbit ITB, Bandung.

Yennita. (2013). Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri Di kota Pekanbaru, Jurnal FMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Natural Science and Technology