PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PETANI PEKEBUN DENGAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN/PERKEBUNAN, UMKM DAN PEMBELAJARAN MELALUI KKN-PPM DI DESA MALLONGI-LONGI KABUPATEN PINRANG

Nur Anny S Taufieq, Wahidah Sanusi

Abstract


Kegiatan KKN-PPM dilaksanakan di tiga dusun yang ada di Desa Mallongi-longi, Kabupaten Pinrang. Tujuan kegiatan ini adalah: a) Mengoptimalkan diversifikasi dengan pengelohan hasil perkebunan dan pertanian menjadi berbagai produk jadi; b) Mengolah hasil tani/kebun menjadi berbagai produk yang bernilai ekonomis; c) Dapat membuat kemasan dan pemasaran produk hasil pertanian/perkebunan;d) Pembentukan dan pemberdayaan masyarakat dalam UMKM e) Menciptakan masyarakat bebas putus sekolah, buta huruf, buta baca Qur’an dan buta aksara di wilayah KKN-PPM; f) Meningkatkan Kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak, guru dan orang tua di lingkungan sekolah dan rumah; dan g) Mengoptimalkan peranan masyarakat dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Permasalahan mitra adalah: a) Hasil pertanian/perkebuanan dijual dengan hasil yang sangat murah; b) Kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengolah hasil pertanian/perkebunan menjadi produk jadi bernilai ekonomis; c) Belum maksimalnya pengetahuan masyarakat tentang UMKM; d) Banyaknya anak usia 6 s/d 12 tahun putus sekolah dan yang tidak bersekolah; e) Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan; f) rendahnya pendidikan non-formal;   g) Rendahnya motivasi anak-anak dan orang tua tentang pentingnya pendidikan. Metode yang digunakan adalah melakukan penyuluhan, memberikan pelatihan olah hasil perkebunan menjadi produk jadi bernilai ekonomis seperti keripik terong, baruasa, manisan, dll., Tudang Sipulung, pendidikan dan pengajaran non-formal kepada anak putus sekolah selama pelaksanaan kegiatan, pendampingan pembentukan UMKM dan penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya kesehatan dengan menciptakan lingkungan rumah dan sekolah yang bersih. Luaran yang diharapkan adalah: 1) Meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat berbagai produk jadi hasil perkebunan, 2) Meningkatkan kesadaran, wawasan, motivasi, kemampuan, keterampilan dan perilaku anak-anak putus sekolah dan siswa, 3) Menciptakan masyarakat bebas buta huruf dan aksara serta bebas anak-anak putus sekolah 4) Meningkatkan Kualitas pendidikan Dasar dengan pembimbingan, pembelajaran tambahan, Cerdas Cermat dan pengajaran baca Qur’an,  5) Perbaikan sistem pada kelompok petani/pekebun dengan UMKM; 6) Publikasi ilmiah, teknologi tepat guna dan produk olahan hasil pertanian/perkebunan seperti Barongko dan Nugget Terong.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2252


Keywords


Home schooling; UMKM; Barongko; Nugget Terong

Full Text:

PDF

References


Cyio, M. B. (2008). Efektivitas bahan organik dan tinggi genangan terhadap perubahan Eh, pH, dan status Fe, P, Al terlarut pada tanah ultisol. Jurnal Agroland, 15(4), 257-263.

Dahlan & Prayogi, A. Z. (2008). Pengaruh jarak tanam berganda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung. Jurnal Agrisistem, 4(2), 101-108.

Danial, M., Taufieq, N. A. S. & Sanusi, W. (2008). Pemanfaatan zeolit dan bokashi ampas tahu untuk menekan konsentrasi nikel dan meningkatkan pertumbuhan baby corn pada tanah tambang di Soroako. Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Danial, M., Taufieq, N. A. S., & Sanusi, W. (2009). Pemanfaatan zeolit dan bokashi ampas tahu untuk menekan konsentrasi nikel dan meningkatkan pertumbuhan baby corn pada tanah tambang di Soroako. Penelitian Hibah Bersaing Tahun Kedua. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Ginting, R., Razali & Nasution, Z. (2013). Pemetaan status unsur hara C-organik dan nitrogen di perkebun nanas (Ananas comosus L. Merr) rakyat Desa Panribuan Kecamatan Dolok Silau Kabupaten. Jurnal Online Agroekoteknologi 1(4), 1308-1318.

Mitra Usaha Tani. (2019). Mitra usaha tani. Mitra Usaha Tani. https://www.mitrausahatani.com/

Taufieq, N. A. S. (2006). Dampak limbah bahan organik terhadap lingkungan perairan. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya Edisi Khusus: 115-120.

Taufieq, N. A. S. 2010a. Pemanfaatan zeolit dan bokashi ampas tahu untuk menekan konsentrasi logam berat pada tanah podsolik merah kuning di Soroako. Jurnal Chemica 11 (1): 9-14.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.