PEMBERDAYAAN INDUSTRI KOPRA PUTIH DI NUSA TENGGARA TIMUR YANG BERKUALITAS DAN BERDAYA SAING TINGGI

Adrianus Amheka, Sulche Ifone Nafi, Herianus Justhianus D. Lalel

Abstract


Beberapa kendala industri kopra di Provinsi NTT tidak berkembang baik oleh karena menurunnya produktivitas dengan menerapkan sistim konvensional selain kurangnya kapasitas masyarakat dalam memahami kondisi optimal produk guna menjaga kualitas dan daya saing produk. Untuk menjaga peningkatan dan keberlanjutan produk tersebut sekaligus menjawab permasalahan masyarakat usaha kopra perlu adanya dukungan majamen yang kuat selain upaya menumbuh kembangkan semangat inovasi dan keunikan produk berdaya saing tinggi. Obyek pengabdian dilakukan pada Industri kopra ”Bangun Mandiri” yang berlokasi di Kota Kupang, Provinsi NTT guna berdampak pada intensitas produk serta kapasitas pekerja yang jauh lebih efisien. Adapun tujuan program untuk memperluasan pemasaran antar pulau guna meningkatkan kualitas dan daya saing produk sekaligus penopang kesejahteraan masyarakat. Solusi penyediaan mesin dan peralatan pendukung serta rehabilitasi rumah produksi dan manajemen menjadi fokus aktivitas program. Adapun hasil yang dicapai sesuai tujuan dan target dalam bentuk realisasi pemecahan masalah antara lain peningkatan kualitas dan kuantitas produk kopra putih; peningkatan investasi fasilitas pendukung pemasaran; peningkatan omzet penjualan mencapai 30% pertahun serta stimulasi jiwa inovasi mitra industri yang mengashilkan diversifikasi produk olahan kopra yang unik, berdaya saing tinggi yang berdampak pada perluasan wilayah pemasaran antar pulau secara professional.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2367


Keywords


Industri kopra, mesin pengering, produktivitas

Full Text:

PDF

References


Amheka, A. (2016) Mekanisasi dan Diversifikasi Produk Kopra NTT Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Antar Pulau, Jurnal Aplikasi Ipteks NGAYAH Vol.7 (2), ISSN: 2087-118X. p.117-127 Unmas.

Asba, R. (2007) Kopra Makassar Perebutan Pusat dan Daerah: Kajian Sejarah Ekonomi Politik Regional di Indonesia Kajian Sejarah Ekonomi Politik Regional di Indonesia. Yayasan Obor Indonesia 2007.

Amheka, A. (2015) Identifikasi Rancangan Teknologi dan Pengembangan Produk Kopra NTT. Perpustakaan Politeknik Negeri Kupang.

Amheka, A. (2016) Kopra dan Pemanfaatan Pada Industri Pangan Nasional. Perpustakaan Politeknik Negeri Kupang.

Amheka, A. (2018) Pemberdayaan Industri Kopra Putih NTT yang berkualitas dan Berdaya Saing Tinggi, Laporan Program Pengabdian kepada Masyarakat. Perpustakaan Politeknik Negeri Kupang.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Institute for Research and Community Services (LPPM)

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.