PKM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HARD SKILLS GURU PEMBELAJAR JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN MELALUI PEMBUATAN WEB-BLOG SEBAGAI KOMPETENSI PEMASARAN ONLINE, SMKN 1 DAN SMK KOSGORO 2 KOTA PAYAKUMBUH

Rose Rahmidani, Armiati Armiati, Dessi Susanti

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan hardskil guru-guru Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 dan SMK Kosgoro 2 Kota Payakumbuh dalam hal: a) merancang pembuatan website, b) merancang prosedr pemasaran online dengan menggunakan/memanfaatkan e-mail dan media sosial, c) melakukan pemasaran melalui situs mobile, dan d) membuat blog. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 20 orang guru-guru jurusan bisnis daring dan pemasaran online SMKN 1 dan SMK Kosgoro 2 Payakumbuh. Metode dan pendekatan yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab untuk menyampaikan materi yang bersifat teoritis tentang pemasaran online dan memasarkan produk menggunakan website dan blog. Serta metode latihan dan bimbingan individual terkait dengan pengimplementasian atau praktek membuat website dan blog. Metode resitasi atau pemberian tugas yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembuatan website. Ukuran peningkatan dapat dilihat dari 85% guru-guru peserta kegiatan dapat menghasilkan website. 2) Meningkatnya kompetensi guru dalam merancang prosedur pemasaran online dengan menggunakan/memanfaatkan email dan media sosial. Ukuran peningkatan ini dapat dilihat dari 85% guru-guru peserta keigatan dapat merancang prosedur pemasaran online dengan menggunakan email dan media sosial. 3) Meningkatnya kompetensi guru dalam melakukan pemasaran melalui situs mobile. Ukuran peningkatan ini dapat dilihat dari 85% guru-guru peserta kegiatan dapat melakukan pemasaran melalui situs mobile. 4) Meningkatnya kompetensi guru dalam membuat blog. Ukuran peningkatan ini dapat dilihat dari 85% guru-guru peserta kegiatan dapat membuat blog.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2479


Keywords


pemasaran online, situs mobile, website, blog

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, C & Hermawan, D. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Anggraeni, Ari Andian. (2008). Manajemen Keyword: Strategi Pemasaran Online Menggunakan Search Engine .Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI. No. 2 – Tahun 2008 Hal. 60 – 69.

Dianawati, A., 2008, “6 Rahasia Sukses Menjadi Jutawan Internet”, Mediakita, Jakarta.

Erfianto, D., Rahayu, W. P., & Kusumajanto,D. D. (2015). Penerapan Blog Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pemasaran Online. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1 (1), 1- 70.

Kurnia, R.A., 2008, “Website yang Baik itu Memperindah Content, Bukan Desain!”, (http://www.dibekasi.net/page _highlights.php?id_brt=55).

Millman, et al. (2010). Entrepreneurship Education and Students’ Internet Entrepreneurship Intention. Journal of Small Business and Enterprise Development, 17 (4), 569- 590.

Spiller & Tuten. (2015). Integrating Metrics Across the Marketing Curriculum: The Digital and Social Media Opportunity. Journal of Marketing Education, 37 (2),114-126.




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.