MULTIMEDIA LEARNING UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bambang Nurdewanto Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
  • Elta Sonalitha Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
  • Rusdijanto Rusdijanto Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Malang.
  • Adi Sunarwan Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Malang.

DOI:

https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2587

Keywords:

Multimedia, Video Animasi, Web Marketing, E-Learning

Abstract

Kurikulum 2013 mengedepankan konsep Tematik, Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan. Masalah yang ditemukan di SDI Mohammad Hatta dan SDN TunjungSekar I adalah pemahaman siswa terhadap satu tema yang dijelaskan guru di papan tulis bisa saja diulang untuk ke tahap pemahaman, kurangnya pemanfaatan media dalam proses dokumentasi pembelajaran serta kondisi jika siswa yang berhalangan masuk dikarenakan ijin, bisa saja tertinggal dalam mengikuti pelajaran, juga siswa yang terlambat memahami materi akan kesulitan untuk memahami materi berikutnya yang berkaitan. Hal ini menyebabkan capaian belajar siswa kurang maksimal. Pembelajaran berbasis multimedia dikembangkan sebagai solusi permasalahan mitra ini berupa Video Pembelajaran untuk pembelajaran model Tematik. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi pelatihan kepada guru untuk dapat membuat video animasi pembelajaran melalui media audio video dan memasarkan video animasi pembelajaran tersebut melalui web marketing.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2587

References

http://www.m-edukasi.web.id

http://www.smartedumedia.com

https://dspace.stir.ac.uk/bitstream/1893/458/1/Plowman%20BJET.pdf

Karina, D. P. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Teknik Digital di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Jogyakarta.

Venthy, M. H. (2013). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dalam Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 4 Bebetin.

Downloads

Published

2018-12-19

Issue

Section

Natural Science and Technology