PELATIHAN TATA KELOLA PEMASARAN PRODUK BERBASIS MOBILE MARKETING UKM INDUSTRI PERAK

Authors

  • Ernani Hadiyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajayana Malang
  • Gunadi Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajayana Malang
  • Issa Arwani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Malang.

DOI:

https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590

Keywords:

Pelatihan, pendampingan, pemasaran produk, mobile marketing, UMKM

Abstract

Program kemitraan masyarakat merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelola UMKM, dalam bidang tata kelola pemasaran produk dan pemasaran berbasis mobile marketing. Target kegiatan ini meliputi: peningkatan kemampuan pengelola UMKM pengrajin perak dalam tatakelola pemasaran produk dan pemasaran berbasis mobile marketing. Luaran yang diharapkan berupa jasa pelatihan, modul dan panduan penerapan tatakelola pemasaran produk dan pemasaran mobile marketing. Metode pelaksanaan menggunakan kombinasi antara pelatihan klasikal, evaluasi, pendampingan dan hibah peralatan untuk menstimulir UMKM pengrajin perak dalam mengimplementasikan materi pelatihan. Hasil pelaksanaan pendampingan menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan dalam tatakelola pemasaran produk dan pemasaran berbasisi mobile marketing maka kinerja pengelola UMKM menunjukkan peningkatan yang signifikan.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590

References

Armiyati, Laily (2014).Industri Perak Kotagede Yogyakarta Melawan Badai Krisis. Sejarah Dan Budaya, Tahun Kedelapan, Nomor 2, Desember.halm. 165-175.

Badan Pusat Statistik (2017). Perkembangan UMKM pada Periode 1997-2013. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1322

Badan Pusat Statistik (2015). Kabupaten Lumajang Dalam Angka. https://lumajangkab.bps.go.id/index.php/publikasi/48

Buiga, A (2013). Brand Management in Business to Business Markets – Particularities of Business to Business Markets, Branding and Brand Equity –Revista 200 Română de Statistică – Supliment Trim II/201.

Diperindag Kab. Lumajang, (2014). Data UMKM . ttps://lumajangkab.go.id/RENSTRA%202015/DINAS/2015.DEPERINDAG

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2012).. Membedah Potensi Perak Di Indonesia. Warta Eksport.E-mail: p2ie@kemendag.go.id, Website: djpen.kemendag.go.id

Hadiyati, E (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Petra Surabaya, Jawa Timur Indonesia.Vol.13, No.1Halm. 8-16.

Hadiyati, E. (2012). Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Volume 1 No. 3 September Halaman 135-151

Hadiyati, E.(2015). Marketing And Government Policy On MSMEs In Indonesian: Theoretical Framework And Empirical Study.International Journal of Business and Management (IJBM) February 2015, pp. 128-141ww.ccsenet.org/journal/index.php/ijbm/issue/currentPublishing by Canada Center of Science and Education

Hadiyati, E. (2017). Strategi Keunggulan Bersaing Industri Kreatif Dalam Menghadapi MEA. Pidato Ilmiah Pengukuhan Guru Besar Universitas Gajayana Malang. 31 Januari.

Kotler, P. Armstrong, G, Principles of Marketing (2010). Pearson Education Inc. NewJersey.

Kotler, P. Pfoertsch, W (2006). B2B brand management. Springer. Berlin, 2006;

Kumar, Raheja (2012). Business To Business (B2b) And Business To Consumer (B2c) Management. International Journal of Computers & Technology Volume 3 No. 3, Nov-Dec, www.cirworld.com, pp.447-451

Downloads

Published

2018-12-20

Issue

Section

Natural Science and Technology