PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811Keywords:
tutor sebaya, motivasi belajarAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1)sebagai karya yang tidak dipublikasikan hasil dari pengembangan penelitian internal dan 2) sebagai acuan dalam penerapan metode maupun penerapan strategi pembelajaran di dalam kelas oleh pendidik. Dengan melaksanakan kegiatan ini, manfaat yang dapat dipetik oleh beberapa pihak, antara lain:1) bagi guru matematika, memberikan masukan yang berharga berupa pengetahuan dan keterampilan praktis bagi guru-guru matematika dalam rangka mengupayakan memaksimalkan penerapan strategi  tutor sebaya di kelas dalam meningkatkan motivasi hasil belajar dan sebagai masukan kepada guru-guru tentang alternatif pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan 2) bagi calon guru atau calon pendidik, sebagai masukan kepada mahasiswa calon pendidik tentang alternatif pembelajaran tutor sebaya yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
Â
References
Arjanggi, R., & Siprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91- 97.
Apriyani, D., & Harta, I. (2012). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. http://eprints.ums.ac.id.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2), 168-181.
Hayati, Z. (2013). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi di SMA Srijaya Negara Palembang. Academia.edu
Muhammad, M, A. (2009). Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. http://etd.repository.ugm.ac.id.
Sholi, N. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. E-journal UMM, 1(1), 126-132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
- Publisher of Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang is University of Merdeka Malang.
- The copyright follows Creative Commons Attribution-ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to share, copy, and redistribute the material in any medium or format, adapt, remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.