PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ratri Candra Hastari STKIP PGRI TULUNGAGUNG

DOI:

https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

Keywords:

tutor sebaya, motivasi belajar

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1)sebagai karya yang tidak dipublikasikan hasil dari pengembangan penelitian internal dan 2) sebagai acuan dalam penerapan metode maupun penerapan strategi pembelajaran di dalam kelas oleh pendidik. Dengan melaksanakan kegiatan ini, manfaat yang dapat dipetik oleh beberapa pihak, antara lain:1) bagi guru matematika, memberikan masukan yang berharga berupa pengetahuan dan keterampilan praktis bagi guru-guru matematika dalam rangka mengupayakan memaksimalkan penerapan strategi  tutor sebaya di kelas dalam meningkatkan motivasi hasil belajar dan sebagai masukan kepada guru-guru tentang alternatif pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan 2) bagi calon guru atau calon pendidik, sebagai masukan kepada mahasiswa calon pendidik tentang alternatif pembelajaran tutor sebaya yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

References

Arjanggi, R., & Siprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91- 97.

Apriyani, D., & Harta, I. (2012). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. http://eprints.ums.ac.id.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2), 168-181.

Hayati, Z. (2013). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi di SMA Srijaya Negara Palembang. Academia.edu

Muhammad, M, A. (2009). Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. http://etd.repository.ugm.ac.id.

Sholi, N. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. E-journal UMM, 1(1), 126-132.

Downloads

Published

2019-07-15

How to Cite

Hastari, R. C. (2019). PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 4(1), 46–50. https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

Issue

Section

Natural Science and Technology