PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI STRATEGI BRANDING DAN IDENTITAS UNTUK MOCCA ANIMATION STUDIO MALANG

Authors

  • Sultan Arif Rahmadianto Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Bintang Pramudya Putra Prasetia Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung
  • Tegar Andito Program Studi Animasi, Jurusan Televisi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2993

Keywords:

IbM, Mocca Animation Studio, branding, identitas

Abstract

Program ipteks bagi masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk menerapkan branding dan identitas dalam strategi pemasaran usaha jasa animasi Mocca Animation Studio, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui program IbM yang terbagi dalam dua kegiatan, yaitu (1) pelatihan materi branding dan identitas sebagai alat pemasaran yang efektif khususnya untuk industri animasi dan (2) pendampingan perancangan corporate identity system Mocca Animation Studio. Sasaran program ini adalah studio animasi Mocca di Kelurahan Sawojajar, Kedungkandang, Malang. Kegiatan pelatihan branding dan identitas dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan co-founder dan CEO Mocca Animation Studio dalam bentuk presentasi dan diskusi. Kemudian kegiatan pendampingan perancangan corporate identity system Mocca Animation Studio dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan dalam bentuk program pendampingan. Keberhasilan program ipteks bagi masyarakat ini ditentukan berdasarkan peningkatan wawasan tentang branding dan identitas sebagai alat pemasaran dan menerapkannya disetiap kegiatan pemasaran di Mocca Animation Studio. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang pemasaran usaha jasa animasi dan adanya buku panduan corporate identity system Mocca Animation Studio sebagai dasar dalam penerapan identitas dan branding khususnya pada kegiatan pemasaran. Hasil ini menggambarkan bahwa program pengabdian pada masyarakat studio animasi Mocca Animation Studio Malang efektif dalam mengenalkan branding dan identitas sebagai alat pemasaran di industri animasi.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2993

Author Biography

Tegar Andito, Program Studi Animasi, Jurusan Televisi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

-

References

Irawati, D. (2016). Menggairahkan Industri Animasi di Malang. Kompas.

Rianti, E. (2013).Peranan Departemen Pemasaran Sebagai Ujung Tombak Keberlangsungan Usaha PT Produk Rekreasi Kids Fun. Theses, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Wheeler, A. (2009). Design Brand Identity. Willey and Sons inc. US, 2009.

Downloads

Published

2019-07-15

Issue

Section

Natural Science and Technology