PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI STRATEGI BRANDING DAN IDENTITAS UNTUK MOCCA ANIMATION STUDIO MALANG
DOI:
https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2993Keywords:
IbM, Mocca Animation Studio, branding, identitasAbstract
Program ipteks bagi masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk menerapkan branding dan identitas dalam strategi pemasaran usaha jasa animasi Mocca Animation Studio, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui program IbM yang terbagi dalam dua kegiatan, yaitu (1) pelatihan materi branding dan identitas sebagai alat pemasaran yang efektif khususnya untuk industri animasi dan (2) pendampingan perancangan corporate identity system Mocca Animation Studio. Sasaran program ini adalah studio animasi Mocca di Kelurahan Sawojajar, Kedungkandang, Malang. Kegiatan pelatihan branding dan identitas dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan co-founder dan CEO Mocca Animation Studio dalam bentuk presentasi dan diskusi. Kemudian kegiatan pendampingan perancangan corporate identity system Mocca Animation Studio dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan dalam bentuk program pendampingan. Keberhasilan program ipteks bagi masyarakat ini ditentukan berdasarkan peningkatan wawasan tentang branding dan identitas sebagai alat pemasaran dan menerapkannya disetiap kegiatan pemasaran di Mocca Animation Studio. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang pemasaran usaha jasa animasi dan adanya buku panduan corporate identity system Mocca Animation Studio sebagai dasar dalam penerapan identitas dan branding khususnya pada kegiatan pemasaran. Hasil ini menggambarkan bahwa program pengabdian pada masyarakat studio animasi Mocca Animation Studio Malang efektif dalam mengenalkan branding dan identitas sebagai alat pemasaran di industri animasi.
Â
References
Irawati, D. (2016). Menggairahkan Industri Animasi di Malang. Kompas.
Rianti, E. (2013).Peranan Departemen Pemasaran Sebagai Ujung Tombak Keberlangsungan Usaha PT Produk Rekreasi Kids Fun. Theses, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Wheeler, A. (2009). Design Brand Identity. Willey and Sons inc. US, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1)Â Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang is University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.