PEMBERDAYAAN PERANGKAT DESA DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK UNTUK MENCEGAH KORUPSI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BUMDES DI DESA GENDRO – KABUPATEN PASURUAN

Rachmat Kriyantono, Yun Fitrahyati Laturrakhmi, Sinta Swastikawara, Azizun Kurnia Illahi, Dessanti Putri Sekti Ari

Abstract


Perangkat desa sebagai pemerintahan kecil di tingkat desa, sepatutnya paham tentang kewajiban mereka, utamanya terkait keterbukaan arus informasi dari perangkat desa ke masyarakat dan begitu pula sebaliknya. Hal ini nyatanya banyak ditemukan oleh tim di lapangan, salah satunya adalah di Desa Gendro Kabupaten Pasuruan. Data menunjukkan bahwa perangkat desa menganggap bahwa peran mereka sebagai perangkat desa telah berjalan sesuai dengan yang ditugaskan kepada mereka. Mereka mengakui bahwa terdapat tupoksi ganda yang mereka lakukan, namun itu semua dilakukan untuk membantu rekan mereka yang mengalami kesulitan. Di sisi lain, perangkat desa juga merasa bahwa ada kelompok di masyarakat yang tidak percaya dengan kinerja perangkat desa namun tidak disampaikan secara langsung kepada perangkat desa. Hubungan antara perangkat desa dengan organisasi lain di dalam desa seperti PKK, BPD, Karang Taruna juga ikut merasakan bahwa perangkat desa menutup pintu untuk melakukan komunikasi, baik dengan masyarakat maupun dengan organisasi lain di dalam desa. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini banyak difokuskan pada pemberian pemahaman kepada perangkat desa Gendro dalam meningkatkan pemahaman mereka atas pengelolaan keterbukaan informasi publik dan pengelolaan dana desa.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i2.3229


Keywords


Bumdes; Dana Desa; Keterbukaan Informasi Publik; Perangkat Desa, Pencegahan Korupsi

Full Text:

PDF

References


Febriananingsih, N. (2012). Keterbukaan Informasi Public dalam Pemerintahan Terbuka Menuju Tata Pemerintahan yang Baik: Public Information Disclosure in Open Government Towards Good Governance. Jurnal Rechtsvinding, Vol.1 (1).

Lintartika, G. (2017, Januari 22). Ini Lho Keistimewaan Hutan Pinus dan Kebun Petik Apel di Tutur Pasuruan. Tribun News. Diakses dari http://www.surabaya.tribunnews.com.

Qureshi, S. (2014). Lesson From The Age of Nelson Mandela: Information and Communication Technology In The Quest Of Equality, Freedom, and Justice. Journal of Information Technology for Development, Vol. 20 (1).

Retnowati, F. (2012). Keterbukaan Informasi Public dan Good Governance: Antara Das Sein dan Das Sollen. Perspektif, Vol. XVII, No.1.

Data internal Desa Gendro (2017).

http://www.berdesa.com/

http://www.pasuruankab.go.id




DOI: https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i2.3229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by

width="150"

Garuda - Garba Rujukan Digital

SINTA - Science and Technology Index

Index of /public/site/images/septi

 Index Copernicus International (ICI)

Tools:

Turnitin

crossref

Mendeley

Supported By:

Universitas Merdeka Malang




Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang

Institute for Research and Community Services (LPPM)

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-5080008
Email: abdimas@unmer.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.