PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UMKM KAMPUNG WISATA BISNIS TEGAL WARU DALAM UPAYA KOMERSIALISASI PRODUK BERDAYA SAING DAN BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3239Keywords:
Desain, merek, UMKM, pemasaran on-line, daya saingAbstract
Tujuan program ini adalah: 1) meningkatkan kualitas desain kemasan dan produk, 2) pelindungan hukum atas merek (branding) produk UMKM Kampung Wisata Tegal Waru Bogor, 3) perluasan jaringan pemasaran melalui internet (on-line), dan 4) meningkatkan kompetensi manajemen pemasaran, sehingga mampu meningkatkan omzet/daya saing produk. Metode pendekatan dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan secara terus menerus sampai mandiri. Pelatihan dikemas secara praktis dengan mengambil tempat di tempat usaha yaitu Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru Bogor.Solusi yang ditawarkan melalui antara lain dengan mengadakan: 1) pelatihan peningkatan kualitas desain kemasan dan produk, 2) pelatihan pembuatan dan pendaftaran merek  produk, 3) pelatihan perluasan jaringan pemasaran melalui internet (on-line), dan 4) pelatihan manajemen pemasaran. Program tersebut telah dilaksanakan secara kontinue (terus menerus) sehingga dapat diketahui perkembangan mitra (UMKM) Kampung Wisata Tegal Waru dari waktu ke waktu. Hasil kegiatan ini dapat dijelaskan bahwa (1) Produsen Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru perlu diberdayakan dari segala hal, baik status badan usaha, keberlanjutan produksi, dan membrandingya, (2) e commerce belum dilakukan dengan baik, sebagian kecil dari mereka memanfaatkan media sosial pribadi, dan memerlukan link kerjasama berbagai pihak untuk membantu, Tim Abdimas telah membuatkan dan menyumbangkannya (3) belum tergerak untuk mendaftarkan merek, karena yang penting laku dan survive. Desain produk dan kemasannya masih seadanya, perlu didampingi dan dilatih. Telah dibuat model pemberdayaan UMKM Tegal Waru dan siap untuk diterapkan.
Â
References
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat. Diunduh dari epository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789 tanggal 7 Mei 2017
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Penerbit. Erlangga. Diunduh dari repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29886/2/Reference.pdf tanggal 7 Mei 2017
Prasetyo, W. B. (1999). Desain produk Industri, Bandung: Yayasan Depalan Sepuluh. Diunduh dari eprints.ums.ac.id/28908/7/ DAFTAR_PUSTAKA.pd tanggal 7 Mei 2017
Purwaningsih, E. (2015). Hukum Bisnis, Bogor: Ghalia.
Stanton, W. J. (1994). Fundamental of Marketing, 10th. Ed. Tokyo: Mc-Graw Hill Kogakusha. Diunduh Dari lib.ui.ac.id/file? file=digital/123591 TANGGAL 7 Mei 2017.
Uzzaman, B. (2015), Bisnis Pemasaran On-line diunduh dari http://www.kembar.pro/2015/08/ apa-keun, ungan – melakukan – pemasaran -secara-online.html tanggal 7 Mei 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
- Publisher of Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang is University of Merdeka Malang.
- The copyright follows Creative Commons Attribution-ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to share, copy, and redistribute the material in any medium or format, adapt, remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.