Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD GMIT Koro’oto, Kupang, Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Kristoforus Djawa Djong Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Yohanes Ovaritus Jagom Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Samuel Igo Leton Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Yohana Rina Rowa Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Irmina Veronika Uskono Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Meryani Lakapu Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5334

Keywords:

Concept, Mathematics teaching aids, Products, Training

Abstract

Props are aids used to ease students understand well the mathematical concepts explained by the teacher. The elementary school level requires real concepts so that in concretizing abstract concepts the teacher should be able to use props to explain the concept. The purposes of the community service are teachers are able to produce props in learning activities and can instill basic concepts so that they are able to solve commonly faced problems in learning activities. The method used is a practical method. This community service was carried out at SD GMIT Koro’oto, Kupang Regency, East Nusa Tenggara. Based on the evaluation result of the community service, it shows that teachers participated actively in the activity shown by their responses and interactions. In addition, the teachers felt the importance of this training because they gained a lot of new knowledge in solving every problem in learning activities and were able to produce props that could help explain basic concepts to students.

Author Biographies

Kristoforus Djawa Djong, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

Yohanes Ovaritus Jagom, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

Samuel Igo Leton, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

Yohana Rina Rowa, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

Irmina Veronika Uskono, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

Meryani Lakapu, Departemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira Jl. Achmad Yani, Kupang, Nusa Tenggara Timur

-

References

Annisah, S. (2014). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1-15.

Azmi, S., Sripatmi, S., Subarinah, S., Amrullah, A., & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran matematika untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru Gugus II AMPENAN Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 427-432.

Dosinaeng, W. B. N., Djong, K. D., Leton, S. I., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Pendalaman konsep geometri dan pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru SD Kota Soe. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 619-627. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4084

Fadilllah, S., Wahyudi, W., & Nurhayati, N. (2019). Pelatihan pembuatan dan penggunaan alat peraga matematika dan IPA bagi guru SD dan SMP di Desa Tanjung Saleh. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(1), 43-47. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21460

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Handayani S. D. (2016). Pengaruh konsep diri dan kecemasan siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 23-34. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749

Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga berbahan bekas terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 219-226. https://doi.org/10.33654/math.v5i3.613

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.

Nasaruddin, N. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nugraha, D. A., & Somatanaya, A. G. (2018). Pelatihan perancangan dan aplikasi alat peraga matematika sekolah dasar. Jurnal Pangabdian Siliwangi, 4(2), 186-191.

Rusmawati, R. (2017). Penggunaan alat peraga langsung pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora, 3(2), 307-314. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3607

Setiahati, I. P., Lisnani, L., & Triayomi, R. (2018). Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran matematika sederhana di SD Negeri 42 Palembang. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(2), 13-16.

Subarinah, S., Hayati, L., Amrullah, Prayitno, S., & Junaidi. (2020). Pelatihan pembuatan dan penggunaan alat peraga matematika untuk membelajarkan konsep dan operasi bilangan bulat bagi guru-guru SD di Gugus IV Cakranegara. Jurnal PEPADU: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 191-197.

Sundayana, R. H. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Reflesia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2021-08-04

How to Cite

Djong, K. D., Jagom, Y. O., Leton, S. I., Rowa, Y. R., Uskono, I. V., Nuba Dosinaeng, W. B., & Lakapu, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD GMIT Koro’oto, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 427–438. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5334

Issue

Section

Natural Science and Technology