Melatih keterampilan interpersonal pada anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) menggunakan boneka jari (finger puppet)

Rezki Suci Qamaria, Kafin Trisyafatna, Moh. Irfan Burhani

Abstract


ABSTRACT
Interpersonal skills are skills in dealing with other people. It is important to train interpersonal skills in children who are latein speaking so they can interact properly. One way to practice interpersonal skills is with the finger puppet method. This study aim to determine the application of the finger puppet method in training interpersonal skillsin children who experience speech delays in one of the X inclusion schools in Kediri City. This study uses a type of experimental research with the Single Case Design (SCD). Subjects in this study were children who experienced speech delays and difficulties in interpersonal skills. Data collection techniques using observation and interviews. Data analysis used descriptive statistics by calculating the average value of the subject’s interpersonal skills then presented in the form of diagrams and drawing conclusions. The results of measuring interpersonal skills showed an increase, namely in the baseline phase an average of 32.6 wasin the low category, in
cycle 1 of 51 was in the low category, in cycle 2 of 76.4 was in the medium category, and follow-up was 88.5 in the high category. So, it can be concluded that the application of the finger puppet method can improve the interpersonal skills of children who experience speech delays.

ABSTRAK
Keterampilan interpersonal adalah keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain. Penting melatih keterampilan interpersonal pada anak yang terlambat bicara agar dapat berinteraksi dengan baik. Salah satu cara untuk melatih keterampilan interpersonal adalah dengan metode boneka jari (finger puppet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode boneka jari (finger puppet) dalam melatih keterampilan interpersonal pada anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) di salah satu sekolah inklusi X Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Single Case Desain (SCD). Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang mengalami keterlambatan bicara dan kesulitan dalam keterampilan interpersonal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata keterampilan interpersonal subjek kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan penarikan kesimpulan. Hasil pengukuran keterampilan interpersonal terdapat peningkatan yaitu pada fase baseline mendapatkan rata-rata sebesar 32,6 berada pada kategori rendah, pada siklus 1 sebesar 51 berada pada kategori rendah, pada siklus 2 sebesar 76,4 berada pada kategori sedang, dan follow-up sebesar 88,5 berada pada kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode boneka jari (finger puppet) dapat meningkatkan keterampilan interpersonal anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay).

Keywords


Children, finger puppet method, interpersonalskills, speech delay

Full Text:

PDF

References


Amelia, L., Marsella, A., Bina, S., & Getsempena, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak TK B2 di Paud Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 5(2), 81–102. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V5I2.570

Anggiani, S. (2021). Keterampilan Interpersonal: Pengembangan Pribadi Berintegritas dan Kerja Sama Menyenangkan. Kencana.

Apriliana, Q. R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Melalui Boneka Jari Terhadap Rasa Tanggung Jawab Anak pada Kelompok B di TK Aisiyah Busthanul Athfal Kauman Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/8411/

Aslindah, A. (2018). Alat Permainan Edukatif: Media Stimulus Anak Jadi Aktif dan Kreatif. CV. Kaaffah Learning Center.

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Bebricara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool/ : Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 206–216. https://doi.org/10.18860/PRESCHOOL.V2I2.12026

Johnson, D. W. (2009). Reaching out: interpersonal effectiveness and self-actualization (10th ed). Pearson Education

Khairunnisa, R. (2020). Implementasi Penggunaan Media Boneka Jari untuk Mengembangkan Kemampuan Interpersonal Siswa SDN 027 Samarinda Ulu. EduTeach/ : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–143. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V1I2.1945

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.

Maryam, S. (2012). Peningkatan Moral Anak Usia Dini Melalui Boneka Jari di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Kuto Tuo Kabupaten Sijunjung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2). https://doi.org/10.24036/1594

Megantari, N. K. A. (2020). Upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui metode bercerita dengamedia boneka jari di tk tunas harapan Batang. http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Mulawarman, I. A. (2020). Konseling Kelompok Pendekatan Realita Pilihan dan Tanggung Jawab. Kencana.

Oktiawati, A., Pramita, W. Y., & Istianah, N. (2020). Storytelling Media boneka Jari Kain Flanel meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak usia Prasekolah. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 11(2), 9–9. https://doi.org/10.36308/JIK.V11I2.235

Periantalo, J. (2017). Statistika Dasar Untuk Psikologi Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Qamaria, R. S. (2023). Penerapan Social Skills Training (SST) untuk Meningkatkan Social Skill Performance pada Anak. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 7(1), 25–38. https://doi.org/10.30762/HAPPINESS.V7I1.1136

Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anaka Usia Dini di Kecamatan V Kota Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–11. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V2I2B.292

Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak- Kanak Akhir. In 2012. Prenadamedia Group.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi/ : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.22460/TS.V6I1P

Supraktiknya, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi.

Tiel, J. M. (2016). Anakku Gifted Terlambat Bicara: Masalah dan Intervensi Bahasa pada Gifted Plus SLI. Prenada.

Zahro, N. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV SD Integral Luqman Al-Hakim Kabupaten Situbondo. Education Journal/ : Journal Educational Research and Development, 3(2), 149–162. https://doi.org/10.31537/EJ.V3I2.210




DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v19i1.10817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:


Journal Psikologi Tabularasa has been tools:



Jurnal Psikologi Tabularasa

Faculty of Psychology

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821
Email: tabularasa.psikologi@unmer.ac.id