Pengaruh Atraksi Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Ke Desa Wisata Setulang Kabupaten Malinau Kalimantan Utara

Hagai Laing, Utik Kuntariati, Estikowati Estikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atraksi  terhadap minat berkunjung ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang, pengaruh aksesibilitas terhadap minat berkunjung ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang, dan pengaruh atraksi  dan aksesibilitas secara bersama-sama terhadap minat berkunjung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan kriteria responden usia 15tahun ke atas, ingin berkunjung ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas, untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis deskripsi, uji asumsi klasik, dan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atraksi berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang, aksesibilitas berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang, atraksi dan aksesibilitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat berkunjung ke Desa Wisata Tane’ Olen Setulang. Minat berkunjung dalam penelitian ini ditentukan oleh atraksi dan aksesibilitas. Sehingga peneliti menyarankan agar selalu meng-update informasi di media sosial tentang Desa Wisata Setulang serta memberi pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengunjung agar minat berkunjung lebih meningkat.


Keywords


Atraksi; Aksesibilitas; Minat Berkunjung

Full Text:

PDF 1-6

References


Adi, T. L., Hidayatullah, S., & Respati, H. (2022). Analysis of the Utilization of Information and Communication Technology in the Communication and Information Services of Batu City in Supporting the Realization of Batu City as a “Smart City.” International Journal of Scientific Research and Management, 10(02), 3129–3136. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v10i2.em12

Alvianna, S., Astuti, W., Hidayatullah, S., & Krisnanda, R. (2022). Pengantar Ilmu Pariwisata Pariwisata. UWAIS Publisher, September, 1–344.

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction , Accessibillity , Amenity , Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. 4, 53–59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.41

Aso, M. T., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). Destinasi Wisata Dan Harga Pengaruhnya Pada Minat Berkunjung Wistawan Di Kampung Adat Tutubhada Kabupaten Nagekeo Flores. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, October, 152–161. https://www.researchgate.net/profile/Syarif-Hidayatullah-5/publication/355796709_Destinasi_Wisata_Dan_Harga_Pengaruhnya_Pada_Minat_Berkunjung_Wistawan_Di_Kampung_Adat_Tutubhada_Kabupaten_Nagekeo_Flores/links/617f13cfeef53e51e1128ea8/Destinasi-Wisata-Dan-H

Hair, Jr, J. F. (2015). Essentials of Business Research Methods. In Essentials of Business Research Methods. https://doi.org/10.4324/9781315704562

Hermawan, Y., Hidayatullah, S., Alviana, S., Hermin, D., & Rachmadian, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wisata Edukasi dan Dampak yang Didapatkan Masyarakat Desa Pujonkidul. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.21

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Aristanto, E., Rachmawati, I. K., & Alvianna, S. (2022). Creative Tourism Economic Development Strategy with the Penta Helix Collaboration of Batu City. 5(4), 119–129.

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., & Waris, A. (2021). Peran Daya Tarik Desa Wisata dan Community Based Tourism dalam Membangun Citra Desa Wisata. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i2.7071

Irany Windhyastiti, Hidayatullah, S., & Umu Khouroh. (2021). Shining batu : profil dan potensi Kota Batu. In Pemkot Batu. batukota.go.id

Nguru, K., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Gerry, R. (2022). The Impact of Social Media and Lifestyle on the Interest of Visiting Followers in Malang Tourism Destination ( Study on Instagram Account @ amazingmalang ). 3rd International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS) 2021, 1(3). http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/3515

Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.69

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @ bbtnbromotenggersemeru. 2(1), 65–77.

Pratama, B. P., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). Mediation Effect of Customer Satisfaction from the Relationship between System Quality , Information Quality , and Service Quality towards Interests of Tourist Visiting in East Java Park 3. 6(1), 95–100.

Pratama, Y. A. D., Alvianna, S., Zuhria, A. S., Paramita, D., & Hidayatullah, S. (2021). Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Yogyakarta Melalui City Image. Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA …, 2(1), 133–141. https://seminar.unmer.ac.id/index.php/senorita/senorita2/paper/view/924

Rachmawati, I. K., Bahri, S., Bukhori, M., & Hidayatullah, S. (2021). Peran Media Sosial Dan Word Of Mouth Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk UKM Kreatif Gunung Kawi Kabupaten Malang Di Era Pandemic. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, 2(1), 181–188.

Sandrio, L., Hidayatullah, S., Supriadi, B., & Patalo, R. G. (2020). Effect Of Tourism Satisfaction As A Mediator Variable Of Images Of Destination And Facilities To Loyalties On Millenial Generation To Visit Bromo Tengger Semeru. 9(05), 183–187.

Saway, W. V., Alvianna, S., Estikowati, Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya.

Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., Rachmadian, A., & Sutanto, D. H. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pantai Tiga Warna. Competence : Journal of Management Studies. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12512

Sutikno, S., Hidayatullah, S., Alvianna, S., & Rachmawati, I. K. (2021). THE RELATIONSHIPS BETWEEN DESTINATION IMAGE, TOURIST INTEREST IN TRAVELLING AND PROMOTION: THE CASE OF BEDENGAN, MALANG, INDONESIA. Journal of Event, Tourism and Hospitality Studies (JETH). https://doi.org/10.32890/jeth2021.1.7

Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, M. D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Service Quality on Tourist Satisfaction Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. 6(1).

Widiawati, D., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorcer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. JURNAL TESLA : PERHOTELAN - DESTINASI WISATA - PERJALANAN WISATA Pengaruh, 1(1), 9–15.

Zharfaningrum, D., Hidayatullah, S., & Khouroh, U. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram : Perspektif Promosi , Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis.

Zuhriah, I. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Patalo, R. G. (2022). Dampak Attraction , Accessibility , Amenity , Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Tesla:Perhotelan -Destinasi Wisata -Perjalanan Wisata, 2(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v2i2.8409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

Tools:

Supported by:

 

Jurnal Perhotelan, Destinasi Wisata, Perjalanan Wisata (TESLA)
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: jurnaltesla@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.