Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi Dan Pelayanan Tambahan Terhadap Minat Kunjungan Pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul

Yusuf Mahmud Lobang, Rulli Krisnanda, Ayu Fitriatul 'Ulya, Reny Puspitasari

Abstract


Dalam manajemen suatu desa wisata, terdapat banyak elemen yang patut diperhatikan pengelola. Elemen-elemen tersebut antara lain dikenal dengan  4A, yaitu  Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi dan Ancillary. Semua elemen tersebut berguna untuk menunjang aktifitas pariwisata, penelitian ini mengacu pada elemen 4A pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi dan Ancillary terhadap Minat Kunjungan  pada  Cafe Sawah desa wisata Pujon Kidul.  Penentuan sampel menggunakan teknik  probability sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 104. Data yang digunakan kuesioner model skala likert yang dikalibrasikan dengan memakai  uji validitas dan uji reliabilitas. Serta dihitung dengan menggunakan koefisien alpha cronbach 0,5. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Statistik Deskriptif. Berdasarkan perhitungan perangkat lunak SPSS versi  16.0 diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Aksesibilitas terhadap  Minat Kunjungan, tidak terdapat pengaruh signifikan antar Amenitas  terhadap Minat Kunjungan, terdapat  pengaruh signifikan antara Atraksi terhadap Minat Kunjungan, tidak terdapat pengaruh signifikan antara Pelayanan Tambahan/Ancillary terhadap Minat kunjungan, Atraksi memiliki pengaruh yang dominan terhadap Minat Kunjungan dan Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi dan Pelayanan Tambahan/Ancillary terhadap Minat Kunjungan.

Keywords


Aksesibilitas; Amenitas; Atraksi; Pelayanan Tambahan; Minat Kunjungan

Full Text:

PDF 7-17

References


Alvianna, S., Astuti, W., Hidayatullah, S., & Krisnanda, R. (2022). Pengantar Ilmu Pariwisata Pariwisata. UWAIS Publisher, September, 1–344.

Alvianna, S., Hidayatullah, S., Pratama, S. A., Aristanto, E., & Waris, A. (2022). City Branding : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan Ke Kota Batu Melalui City Image Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 52–58. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.14213

Aso, M. T., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). Destinasi Wisata Dan Harga Pengaruhnya Pada Minat Berkunjung Wistawan Di Kampung Adat Tutubhada Kabupaten Nagekeo Flores. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, October, 152–161. https://www.researchgate.net/profile/Syarif-Hidayatullah-5/publication/355796709_Destinasi_Wisata_Dan_Harga_Pengaruhnya_Pada_Minat_Berkunjung_Wistawan_Di_Kampung_Adat_Tutubhada_Kabupaten_Nagekeo_Flores/links/617f13cfeef53e51e1128ea8/Destinasi-Wisata-Dan-H

Delamartha, A., Galing Yudana, & Erma Fitria Rini. (2021). Kesiapan Aksesibilitas Wisata Dalam Mengintegrasikan Obyek Wisata (Studi Kasus : Karanganyar Bagian Timur). Jurnal Plano Buana. https://doi.org/10.36456/jpb.v1i2.3229

Estikowati, Alvianna, S., Astuti, W., Hidayatullah, S., & Krisnanda, R. (2022). BUKU PENGANTAR ILMU PARIWISATA (p. 172). Uwais Inspirasi Indonesia.

Hermawan, Y., Hidayatullah, S., Alviana, S., Hermin, D., & Rachmadian, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wisata Edukasi dan Dampak yang Didapatkan Masyarakat Desa Pujonkidul. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.21

Hidayatullah, S., Alvianna, S., Sugeha, A. Z., & Astuti, W. (2022). Model of information systems success Delone and Mclean in using Pedulilindungi application in the tourism sector of Malang City. Jurnal Pariwisata Pesona, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.26905/jpp.v7i1.7505

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Aristanto, E., & Rachmawati, I. K. (2021). Peran Cleanliness , Health , Safety Dan Environment Sustainability ( CHSE ) Terhadap Minat Orang Berkunjung Ke Destinasi Wisata Yang Ada Di Kota Batu Pasca Pandemic Covid 19. 2(1), 161–170.

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Aristanto, E., Rachmawati, I. K., & Alvianna, S. (2022). Creative Tourism Economic Development Strategy with the Penta Helix Collaboration of Batu City. 5(4), 119–129.

Kurniawan, I. (2021). The Effect Of The Information System Quality, Service Quality, And User Satisfaction On Academic Information System User Loyalty. LUME, 10, 5.

Lasarudin, A., Alvianna, S., Zuhria, A. S., & Hidayatullah, S. (2022). Mediation Effect of Visitor Satisfaction from Cleanliness ,Health ,Safety ,and Environment Sustainable ( CHSE ) Relationships on Visitor Loyalty at Kaliwatu Rafting Tourist Destinations Batu City. 5(1), 1–7.

Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.69

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @ bbtnbromotenggersemeru. 2(1), 65–77.

Priambudi, R. R., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik Yang Berkunjung Di Batu Love Garden Kota Batu Jawa Timur. 1(1), 26–35.

Rachmawati, I., Hidayatullah, S., & Waris, A. (2019). Dunia Online Shop. 100.

Rachmawati, I. K. (2020). Collaboration Technology Acceptance Model , Subjective Norms and Personal Innovations on Buying Interest Online. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(11).

Rachmawati, I. K., Bahri, S., Bukhori, M., & Hidayatullah, S. (2021). Peran Media Sosial Dan Word Of Mouth Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk UKM Kreatif Gunung Kawi Kabupaten Malang Di Era Pandemic. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, 2(1), 181–188.

Sandhubaya, G., Hidayatullah, S., & Roedjinandari, N. (2021). Study of Influence of Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability on Tourist to Revisit the Beaches of Indonesia. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering. https://doi.org/10.31695/ijasre.2021.34090

Sandrio, L., Hidayatullah, S., Supriadi, B., & Patalo, R. G. (2020). Effect Of Tourism Satisfaction As A Mediator Variable Of Images Of Destination And Facilities To Loyalties On Millenial Generation To Visit Bromo Tengger Semeru. 9(05), 183–187.

Saway, W. V., Alvianna, S., Estikowati, Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya.

Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., Rachmadian, A., & Sutanto, D. H. (2021). PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PANTAI TIGA WARNA. 15(0otober), 134–148.

Sopalatu, H., Hidayatullah, S., & Respati, H. (2021). Tourism Website User Study : Measuring the Impact of System Quality and Information Quality Considering User Satisfaction to Obtain the Net Benefit. 4464(1). https://doi.org/10.36349/easjebm.2021.v04i01.004

Sulistiani, S., & Munawar, A. (2018). ANALISIS FASILITAS PARKIR DAN AKSESIBILITAS OBYEK WISATA GOA GONG, PACITAN. Jurnal Riset Rekayasa Sipil. https://doi.org/10.20961/jrrs.v1i2.18122

Syntiadewi, F., Natsir, M., Hidayatullah, S., & ... (2022). The Effect of Gastronomy Involvement, Local Food Consumption Value, Food Knowledge Toward Intention to Recommend Local Traditional Food Semanggi …. International Journal …, 5(2), 63–69. http://www.journals.resaim.com/ijresm/article/view/1746%0Ahttp://www.journals.resaim.com/ijresm/article/download/1746/1685

Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, M. D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Service Quality on Tourist Satisfaction Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. 6(1).

Zuhriah, I. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Patalo, R. G. (2022). Dampak Attraction , Accessibility , Amenity , Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Tesla:Perhotelan -Destinasi Wisata -Perjalanan Wisata, 2(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v2i2.8410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

Tools:

Supported by:

 

Jurnal Pariwisata Tourista
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.