Pengaruh Komunikasi Dan Customer Service Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Verlila Ramadani, Anisa Zuhria Sugeha, Dhita Paramita Anggraini, Asrofi Asrofi, Andini Risfandini

Abstract


Ciliwungcamp merupakan salah satu perusahaan di Kota Malang yang berfokus pada penyediaan jasa, sarana dan prasarana yang mendukung aktivitas outdoor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi customer service terhadap peningkatan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dimana data diperoleh dari responden yang telah mengunjungi Ciliwungcamp sebanyak 87 reponden, teknik pengumpulan data yang digunakan ketika melakukan penelitian ini adalah kuesioner, serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan customer service berpengaruh terhadap peningkatan kepuaan pelanggan.

Keywords


Komunikasi; Customer Service; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF 18-24

References


Adi, T. L., Hidayatullah, S., & Respati, H. (2022). Analysis of the Utilization of Information and Communication Technology in the Communication and Information Services of Batu City in Supporting the Realization of Batu City as a “Smart City.” International Journal of Scientific Research and Management, 10(02), 3129–3136. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v10i2.em12

Alvianna, S., Astuti, W., Hidayatullah, S., & Krisnanda, R. (2022). Pengantar Ilmu Pariwisata Pariwisata. UWAIS Publisher, September, 1–344.

Alvianna, S., Earlike, F., Sani, A., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2020). The Impact of Visitor Satisfaction Mediation from the Relationship between Marketing Information Systems , Tourist Destinations and Service Quality towards Returning Interest in Malang Topeng Village Tourism Destinations. 4413(12), 332–338. https://doi.org/10.36349/easjmb.2020.v03i12.003

Alvianna, S., Hidayatullah, S., Pratama, S. A., Aristanto, E., & Waris, A. (2022). City Branding : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan Ke Kota Batu Melalui City Image Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 52–58. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.14213

Alvianna, S., Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2022). The Role of Green Tourism Perception, Environmental Concern and Intention of Participation in Green Tourism on Environmentally Responsible Tourism Behavior. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), 79–87. https://doi.org/10.26905/jmdk.v10i1.8022

Dzikiryantos, K., & Rochim, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer service terhadap Kepuasan Pelanggan. Bandung Conference Series: Communication Management. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1803

Habibah, R. L. nur. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan pelanggan di Assalam Hypermarket. Jurnal IImiah Mahasiswa.

Hermawan, Y., Hidayatullah, S., Alviana, S., Hermin, D., & Rachmadian, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wisata Edukasi dan Dampak yang Didapatkan Masyarakat Desa Pujonkidul. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.21

Hidayatullah, S., Alvianna, S., Sugeha, A. Z., & Astuti, W. (2022). Model of information systems success Delone and Mclean in using Pedulilindungi application in the tourism sector of Malang City. Jurnal Pariwisata Pesona, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.26905/jpp.v7i1.7505

Hidayatullah, S., & SBW, T. D. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada UKM Pengrajin di Kota Malang). Ekonomika Jurnal Ekonomi, 4(1), 33–37. https://www.kopertis7.go.id/uploadjurnal/Ekonomika Vol 4 No 1 Juni 2011.pdf

Logahan, J. M., & Putri, Y. T. E. (2013). Pengaruh Komunikasi Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan di 7-Eleven Buaran. Binus Business Review. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i2.1404

Natakusumah, M. O., Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., & Sudibyo, P. (2022). Pengaruh Work-Life Balance, Lingkungan Kerja Dan Keterikatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Coffeeshop Di Perumahan Kota Wisata Cibubur, Kabupaten Bogor. 7, 51–59.

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @ bbtnbromotenggersemeru. 2(1), 65–77.

Rachmawati, I. K., Bahri, S., Bukhori, M., & Hidayatullah, S. (2021). Peran Media Sosial Dan Word Of Mouth Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk UKM Kreatif Gunung Kawi Kabupaten Malang Di Era Pandemic. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, 2(1), 181–188.

Respati, H., & Hidayatullah, S. (2021). Implementation of the DeLone and McLean Information System Success Models for Information Systems Based on Social Media. 9(2), 4361. www.ijcrt.org

Satria, D., & Aisyah, S. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer service PT Telkom terhadap Kepuasan Pelanggan Wifi.Id di Kota Padang. Jurnal Jurnalisme. https://doi.org/10.29103/jj.v7i2.2935

Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., Rachmadian, A., & Sutanto, D. H. (2021). PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PANTAI TIGA WARNA. 15(0otober), 134–148.

Sutikno, S., Hidayatullah, S., Alvianna, S., & Rachmawati, I. K. (2021). THE RELATIONSHIPS BETWEEN DESTINATION IMAGE, TOURIST INTEREST IN TRAVELLING AND PROMOTION: THE CASE OF BEDENGAN, MALANG, INDONESIA. Journal of Event, Tourism and Hospitality Studies (JETH). https://doi.org/10.32890/jeth2021.1.7

Tuwisna, T. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. CENDANA TOUR & TRAVEL BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh. https://doi.org/10.37598/jimma.v9i2.782

Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, M. D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Service Quality on Tourist Satisfaction Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. 6(1).

Zuhriah, I. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Patalo, R. G. (2022). Dampak Attraction , Accessibility , Amenity , Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Tesla:Perhotelan -Destinasi Wisata -Perjalanan Wisata, 2(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v2i2.8421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

Tools:

Supported by:

 

Jurnal Perhotelan, Destinasi Wisata, Perjalanan Wisata (TESLA)
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: jurnaltesla@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.