Dampak City Branding dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung ke Pantai Camplong Kabupaten Sampang
DOI:
https://doi.org/10.26905/jt.v2i2.9938Keywords:
City branding, Daya tarik wisata, Minat berkunjungAbstract
Kondisi pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan setelah pemerintah membuka kran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), destinasi pariwisata menjadi lokus yang harus dikembangkan untuk menunjang perekonomian terutama perekonomian daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak city branding dan daya tarik wisata dalam mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong Kabupaten Sampang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melaui penyebaran kuesioner dengan metode analisis data mengunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa city branding memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong; daya tarik wisata memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong; dan faktor utama yang dapat mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong adalah faktor daya tarik wisata. Diharapkan pengelola destinasi Pantai Camplong untuk senantiasa melakukan perbaikan dan menjaga kelestarian kawasan wisata, dengan mengajaga kelestarian pohon-pohon yang ada dan menjaga kebersihan pantai dan object wisata dari sampah, serta dapat meningkatkan infrastruktur wisata seperti dengan memperbanyak spot-spot untuk foto yang menarik.References
Anggraeni, D., Supriyanto, A., & Fianto, A. Y. S. (2019). Pengaruh City Branding, Motivasi Wisata, E-WOM, Citra Destinasi dan Daya Tarik Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(4), 1–13.
Alpianoor, M Auliadi et al. (2017). Pengaruh City Branding Serta Tagline “Kediri Lagi†Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Domestik Kabupaten Kediri. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 44 No. 1
Aulia, Ananda Rizki dan Yulianti, Ai Lili. (2019). Pengaruh City Branding “A Land Of Harmony†Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi) Vol. 3 No. 3
Elvera. (2020). Pemasaran Pariwisata: Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan. Scopindo Media Pustaka. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=tMrZDwAAQBAJ
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Hikmah, N. (2021). Pemasaran Pariwisata. Penerbit NEM. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=NFRWEAAAQBAJ
Janie, D. N. A. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS. Jurnal, April, 52.
Judisseno, R. K. (2019). Branding Destinasi & Promosi Pariwisata. Gramedia pustaka utama.
Martaleni. (2017). Pemasaran Pariwisata di Indonesia. International Research and Development for Human Beings Malang.
Malisti et al. (2019). Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pemandian Wisata Alam Banyubiru. Jurnal EMA – Ekonomi Manajemen Akuntansi Volume 4 Nomor 1
Pakarti, Swastika et al. (2017). Pengaruh City Branding dan Event Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya Pada Minat Berkunjung Kembali Ke Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 47 No. 1
Revida, E., Purba, S., Permadi, L. A., Putri, D. M. B., Tanjung, R., Djumaty, B. L., … Handiman, U. T. (2021). Inovasi Desa Wisata: Potensi, Strategi dan Dampak Kunjungan Wisata. Yayasan Kita Menulis.
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Suwantoro, G. (2019). Dasar-dasar pariwisata. Retrieved from http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/11444
Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Travel as a journal publisher. Copyright includes the right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, and their translations.
The TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Tourist Travel and Editors strive to ensure that no false or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of articles and advertisements published in the Travel Media journal are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.