Pembangunan Aplikasi Permainan Edukasi “Teka-Teki Muslim” untuk Remaja Masjid Prisma Al-Mustaqim menggunakan Metode Game Development Life Cycle
Abstract
Remaja yang gagal identik dengan perilaku menyimpang yang disebut kenakalan remaja. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi hal kenakalan remaja adalah dengan mengajarkan pemahaman ajaran agama yang selalu membawa para umatnya kejalan yang benar. Seperti halnya yang dilakukan oleh PRISMA (Pemuda Remaja Islam) Masjid Al-Mustaqim. Dalam rangka mengembalikan pemahaman ajaran islam agar menjadi pribadi yang akhlakul karimah, PRISMA Al-Mustaqim mengadakan program kerja yang dimana setiap minggu diadakannya pembelajaran ajaran agama islam. Akan tetapi terdapat berbagai kendala dalam menyampaikan pemahaman ajaran islam. Salah satu kendalanya adalah para anggota cepat bosan. Namun terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengimbangi ilmu agama dengan kemajuan teknologi yaitu dengan membangun permainan edukasi. Game edukasi “TTM” dibuat untuk memberikan informasi seputar materi pada kitab khilyatul wal banin pada bab puasa dan sedekah. Proses pembuatan game “TTM” menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) yang memiliki tahapan yaitu Initiation, Pre-Production, Production, Testing, Beta, dan Release.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Wedan, “Perkembangan Psikologi, Karakteristik Anak Usia Sekolah Menengah (SMP),” Silabus, 2016.
M. Huda, “JUVENILE DELIQUENCY IN ISLAMIC EDUCATION PERSPECTIVE (KENAKALAN REMAJA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM),” Al-Afkar; J. Islam. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 176–183, 2019.
K. Santoso, “Problematika Pendidikan Islam Masa Kini, Kajian Fundasional dan Operasional,” Duta.co, 2020.
A. Karnesyia, “3 Faktor Penting Pengaruhi Pembentukan Karakter Anak,” Hai Bunda, May-2019.
A. Diani, “PERANAN ORGANISASI REMAJA ISLAM MASJID JAMI’ BAITURROHIM DALAM MEMBINA MORAL REMAJA DI DESA KUALA SEKAMPUNG KECAMATAN SERAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN,” Raden Intan, 2019.
A. A. Syukron, “PENDIDIKAN MORAL KIDS ZAMAN NOW DALAM PERSPEKTIF ISLAM,” J-PAI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 4, no. 2, Jun. 2018.
S. Munawar, “Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan di Sekolah,” 2015.
R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” in 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 2013, pp. 95–100.
DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index Copernicus International (ICI)
Tools
Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika
Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang
Alamat:
Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.