Earned Value Analysis dalam Perencanaan Konstruksi Pembangunan Gedung Bersama Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya

Moch Mustadz Rofani Yahya, Hery Susanto

Abstract


Manajerial dalam suatu pelaksanaan proyek konstruksi sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil pengembangan proyek secara maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkan manajerial yang lebih efektif dalam pelaksanaannya. Hasil manajerial suatu proyek konstruksi yang tidak berjalan sesuai yang direncanakan dapat dikelola menggunakan Earned Value Analysis (EVA). Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan waktu penyelesaian akhir proyek menggunakan EVA. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan EVA dalam proses analisisnya. Hasil dari penelitian menunjukkan, berdasarkan perhitungan kumulatif pada minggu ke-11 diperoleh estimasi waktu penyelesaian proyek sebesar 146 hari dengan waktu yang direncanakan di schedule yaitu 110 hari. Hal ini menunjukkan terjadinya keterlambatan 36 hari dari jadwal yang direncanakan. Oleh sebab itu, diperlukan penambahan waktu dalam menyelesaikan pembangunan proyek, yaitu minggu ke-17 sampai dengan minggu ke-21. Keterlambatan maksimal yang ditoleransi yaitu 10% jika progress pekerjaan dibawah 70%.

Keywords


Earned Value Analysis; Pengendalian Proyek; Waktu

Full Text:

PDF

References


Kristiana, R., & Nasirin, K. (2020). PENERAPAN EARNED VALUE ANALYSIS SEBAGAI EVALUASI KINERJA PROYEK DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU. Jurnal Teknik Sipil, IX(2), 43–49.

Saputro, Y., Sigit Pramudyo, C., & Jupriyanto, J. (2022). Analisis 5M (Man, Material, Machine, Money & Methode) Dalam Pengembangan Teknologi Pertahanan Di Indonesia (Studi Kasus : Pt Len Industri). Prosiding Snast, November, C96-103. https://doi.org/10.34151/prosidingsnast.v8i1.4139

Sari, H. M., Hendriyani, I., & Widyaningrum, A. E. (2021). EARNED VALUE ANALYSIS PADA PROYEK PEMBANGUNAN EARNED VALUE ANALYSIS OF BPN OFFICE ARCHIVES BUILDING PROJECTS. Jurnal Transukma, 03(1).

Susanti, B., Melisah, & Juliantina, I. (2019). PENERAPAN KONSEP EARNED VALUE PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN TOL ( STUDI KASUS RUAS JALAN TOL KAYUANGUNG-. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-UNAND), 15(1), 12–20.

Utomo, C., & Yomelda. (2015). Analisa Earned Value pada Proyek Pembangunan Vimala Hills Villa dan Resort Bogor. Jurnal Teknik Its, 4(1), 76–81.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtsc.v2i1.10437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.