Analisa Rencana Anggaran Pelaksanaan Terhadap Rencana Anggaran Biaya Pada Pekerjaan Struktur Bawah Proyek Rumah Sakit Universitas Surabaya

Adristi Lintang Kinasih, Sucipto Sucipto

Abstract


Biaya merupakan faktor krusial dalam seluruh tahapan proyek konstruksi. Estimasi biaya perencanaan sangat penting dalam manajemen biaya. Kontraktor menghitung RAB dengan perkiraan biaya satuan đť‘š2 di lapangan, sedangkan biaya yang digunakan kontraktor di lapangan selama pembangunan proyek disebut RAP. Tujuan penelitian yaitu untuk mengevaluasi perbandingan antara RAB dengan RAP proyek Rumah Sakit Universitas Surabaya, dengan metode membandingkan pengalaman selama proses lelang dengan analisis koefisien berdasarkan gambar kerja dan upah borongan dari data RAP, AHSP dan kurva S. Hasil analisis menunjukkan RAP lebih rendah daripada RAB, dengan selisih 8,12%. Hal ini mengindikasikan potensi pengeluaran yang melebihi estimasi awal dalam tahap perencanaan proyek dan diperlukan evaluasi oleh stakeholder terkait untuk meninjau kembali strategi anggaran dan pengelolaan sumber daya guna maksimalkan penggunaan dana dan kelancaran proyek.

Keywords


Manajemen Konstruksi; Anggaran Proyek; Pelaksanaan Proyek

Full Text:

PDF

References


Ardhi Setiawan, F. N. (2018). Analisis Perbandingan Biaya Rencana Anggaran pelaksanaan antara Upah harian dan Upah Borongan dengan Rencana Anggaran Biaya (Studi Kasus Pengadaan LED Videotron Jl.Letjen Suprapto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah). DSpace UII, 2.

Arifin, Z. (2021). Pengantar Manajemen Proyek. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Diah Pitaloka, I. R. (2020). Perbandingan RAB dan RAP Pada Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok. Jurnal Teknik Sipil Arstektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Jayabaya, 2-9.

Diana, R. (2021). Analisa rencana Anggaran Biaya terhadap Pelaksanaan Pekerjaan Perumahan Dengan Melakukan Perbandingan Perhitungan Harga Satuan Bahan Berdasarkan Survey Lapangan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Fharel Novel Lantang B.F. Sompie, G. M. (2014). Perencanaan Biaya Dengan Menggunakan Perhitungan Biaya Nyata Pada Proyek Perumahan Green Hill Residence. Jurnal Sipil Statik Universitas Sam Ratulangi, 02.

Fibriyanto, R. (2017). Analisis Percepatan Pelaksanaan Pada Proyek Konstruksi Bangunan Gedung. dspace uii , 4-5.

Hammad. (2022). Perkembangan Rumah Sakit di Indonesia di Era Disruptif. JKM Jurnal Keperawatan Merdeka, 2, 1.

Merdeka, R. M. (2022, Januari 20). Fungsi Manajemen Konstruksi Henri Fayol. Diambil kembali dari Great Day HR: greatdayhr.com/id-id/blog/pengertian-fungsi-manajemen-henri-fayol/

Nurdiana, A. (2015). Analisis Biaya Tidak Langsung pada Proyek Pembangunan Best Western Star Hotel dan Star Apartement Semarang. Teknik Vol.36, no.2, pp. eJournal Undip, 105-109.

Solihah, S. R. (2019). Analisis Percepatan Pelaksanaan Dengan Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Proyek Pembangunan Rumah Sakit Grati-Pasuruan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember, 1.




DOI: https://doi.org/10.26905/cjce.v3i1.10946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.