Desain Outlet Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro untuk Pengendalian Debit Aliran Tinggi pada Saluran Drainase di Jalan Salatiga Kota Malang

Aditya Darmawan, Laksni Sedyowati, Nanang Mudjito

Abstract


Perencanaan desain outlet PLTMH menggunakan konsep ecodrain bertujuan untuk mengendalikan debit aliran tinggi di saluran drainase Jl. Salatiga Kota Malang. Konsep ecodrain dipilih karena tidak memerlukan lahan yang luas, dan mampu diandalkan sebagai sistem pengendali debit. Metode pengukuran debit saluran drainase menggunakan aturan SNI. Hasil pengamatan diperoleh hubungan tinggi muka air dan debit yang kuat dengan nilai R² = 0,8464 dan persamaan y = 6,1826x1.8236 dengan debit sebesar 16,27 m³/detik pada saat tinggi muka air mencapai 1,7 meter dan debit yang masuk ke PLTMH sebesar 1,3 m³/detik. Hasil perencanaan ecodrain, didapat unit kolam retensi mampu menampung air sebesar 60,74 m³, sumur resapan dapat meresapkan air sebesar 1,347 m³/detik dan bioretensi meresapkan air sebesar 1,085 m³/detik.


Keywords


PLTMH; Ecodrain; Sistem Pengendali Debit

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional. 2015. “SNI 8066-2015 Tentang Tata Cara Pengukuran Debit Aliran Sungai dan Saluran Terbuka Menggunakan Alat Ukur Arus dan Pelampung”. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional

Barokah, Ichsanul. dan Purwanto, Didik. 2014. “Pengaruh Variasi Debit Aliran terhadap Gerusan Maksimal di Bangunan Jembatan dengan Menggunakan Program HEC-RAS”. Jurnal : INERSIA Vol. X, No. 2, Desember 2014.

Budinetro, Hermono S., Fatchan, A. Karim. dan Sahid, M. Nur. 2012. “Pengendalian Aliran Permukaan Akibat Perubahan Tata Guna Lahan Dengan Konsep Low Impact Development.” Seminar Nasional Teknik Sipil UMS 2012.

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. 2010. “Tata Cara Pembuatan Kolam Retensi Dan Polder Dengan Saluran-saluran Utama”. Jakarta : Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum.

Harto, Sri, BR. 2000. “Analisa Hidrologi”. Yogyakarta : Nafiri Offset.

Kementerian Pekerjaan Umum. Tanpa Tahun. Lampiran Panduan Pengelolaan Drainase secara Terpadu Berwawasan Lingkungan (Ecodrain). Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum.

Riadi, Muchlisin. 2016. “Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH)”, data diperoleh melalui situs internet: www.kajianpustaka.com. Diunduh pada tanggal 14 Mei 2019.




DOI: https://doi.org/10.26905/cjce.v1i1.7779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.