Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan S. Supriadi, Kota Malang

Maria Rosari Sutriasti, Herdin Prihantono, Bekti Prihatiningsih

Abstract


Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja yang melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan. pengamatan dilakukan di jalan S. Supriadi, Kota Malang bertujuan untuk mengetahui titik daerah rawan kecelakaan lau lintas dan penyebab kecelakan. Metode yang digunakan adalah Equivalent Accident Number (EAN), Batas Kontrol Atas (BKA) dan Upper Control Limit (UCL). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa pada Km 0 - 0,7 dan Km 1,4 - 2,1 merupakan titik black spot di mana nilai EAN Km 0 - 0,7 = 115, nilai EAN Km 1,4 - 2,1 = 109, melebihi batas kontrol BKA. Nilai UCL pada Km 0 - 0,7 BKA = 75, UCL = 87 dan pada Km 1,4 - 2,1 BKA = 75, UCL = 86. Faktor penyebab kecelakaan di titik black spot jalan S. Suoriadi Malang, factor utamanya adalah akibat human error. Ketidak berhati-hatian dalam mengemudi, tidak tertib, lengah, dan mengantuk. Selain hal tersebut juga disebabkan karena faktor alinyemen jalan yang belum memenuhi syarat, tidak tersedia marka dan perambuan yang memadai untuk lalu lintas tak bermotor, marka pada perkerasan jalan tidak terlihat jelas dan tidak tersedia tempat parkir khusus bagi pemberhentian kendaraan.


Keywords


Kecelakaan Lalu Lintas; Black Spot; Faktor Penyebab Kecelakaan

Full Text:

PDF

References


Badan Standadisasi Nasional Tahun 2004 Tentang Geometri Jalan Perkotaan.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah Republik Indonesia, 2004. Pedoman Konstruksi dan Bangunan, Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jakarta.

Departemen Perhubungan Republik Indonesia, 2009. Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1992. Tentang Standar Perencanaan Geometrik Untuk Jalan Perkotaan. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota,1992. Tentang Tata Cara Pemasangan Rambu Dan Marka Jalan Perkotaan. Jakarta.

Erlangga, Fredy, Semuel.2017.”Model Pemilihan Moda Transportasi Angkutan Dalam Provinsi” dalam Jurnal Sipil Statik Vol.5, Nomor 3 (halaman 133-142).

Gito, Mina.2015.”Pendidikan Keselamatan Sejak Usia Dini Untuk Mengurangi Tingkat Fatalitas Pejalan Kaki” dalam Jurnal Teknik Sipil Vol 13, Nomor 2 (halaman 104-123).

Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Timur Resort Malang Kota.

Leni, Ida.2020.”Analisis Blackspot Dan Faktor Penyebab Kecelakaan Jalan Jend. Sudirman-Ah. Nasution Kota Metro” dalam Tapak Vol 10, Nomor 1 (halaman 75-86).

Lipesik, Else Sherley. 2013. Model Pengaruh Desain Geometri dan Fasilitas Jalan terhadap Krakteristik Kecelakaan. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang. Universitas Brawijaya.

Margareth, Yunita, Michal.2013.”Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas” dalam Jurnal Teknik Sipil Vol.II, Nomor 2 (halaman 147-156).

Maulida, Narisa, Imma Widyawati Agustin, Dadang Meru Utomo, 2020, Tingkat Kecelakaan di Ruas Jalan Rawan Kecelakaan di Kota Malang, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Panning for Urban Region and Environmental Journal (PURE), http://purejournal.ub.ac.id, Vol 9, No 1 2020, hal 19-28

Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 1993 Tentang Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan.

Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan Dan Pengemudi.

Undang-Undang No.38 Tahun 2004 Tentang Jalan.

Utami, Renty.2020.”Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Dan Penanganan Daerah Rawan Kecelakaan Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru” dalam Jurnal Teknologi Berkelanjutan (Sustainable Technology Journal) Vol.9, Nomor 2 (halaman 110-117).

Vrischa, Hera.2020.”Penentuan Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Surabaya” dalam Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol.18, Nomor 1 (halaman 17-22).

Yogi, Sindy.2021.”Analisis Daerah Lokasi Rawan Kecelakaan Jalan Tol Tangerang-Merak” dalam Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety) Vol.8, Nomor 1 (halaman 26-37).




DOI: https://doi.org/10.26905/cjce.v1i2.8572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.