Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Fasilitas Terminal Keberangkatan Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo

Bonavantura Fabrin, Achmad Fadillah, Eko Indah Susanti, Nika Devi Permata Wijaya

Abstract


Labuan Bajo merupakan daerah pariwisata yang diprioritaskan, sehingga keberadaan bandar udara Komodo merupakan komponen yang penting. Oleh sebab itu, diperlukan fasilitas yang memadai dalam melayani kebutuhan pengguna jasa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan fasilitas dan kepuasan penumpang dijalur keberangkatan Bandar Udara Komodo sesuai dengan peraturan. Pengamatan dilakukan terhadap 100 penumpang dari total penumpang 185.197 orang. Metode analisis yang digunakan adalah importance performance analysis (IPA) untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pelayanan fasilitas sudah sesuai dengan peraturan, namun fasilitas keberangkatan dan check in counter belum sesuai dengan peraturan sehingga perlu ditingkatkan. Berdasarkan analisis IPA tingkat kepuasan penumpang menunjukan bahwa pada umumnya penumpang puas dengan pelayanan fasilitas yang ada dengan tingkat kesesuain sebesar 89,66%, namun aspek penataan area dan karamahan staf  area check in, jumlah counter dan jumlah toilet pada jalur keberangkatan tidak memberi kepuasan bagi penumpang.

Keywords


Importance Performance Analysis (IPA); Jalur Keberangkatan; Kepuasan Penumpang; Tingkat Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Hajar, ibnu. 2019. “Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Index (Csi) (Studi Kasus K.A Tawang Jaya Semarang Poncol – Jakarta Pasar Senen. Stasiun Semarang Poncol)”. UNISSULA. Thesis.

Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan. 2016. “Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara”. Departemen Perhubungan Republik Indonesia.

Pohandry, A., Sidarto, S., dan Winami, W. 2013. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Dan Importance Performance Analysis Serta Service Quality”. Jurnal Rekavasi 1 no. 1.

Rabani, Yosa Nurapri., Rintawati, Dewi., dan Sari, Kristina. 2021. “Analisis Pengembangan Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur”. Jurnal Seminar Intelektual Muda Vol. 2 No. 2.

Selvy, Normasari. 2013. “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan (Survey pada tamu pelanggan yang menginap di Hotel Pelagi Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6 No.2.

Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D)”. Bandung. CV Alfabeta.

Suprapto, J. 2011. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar”. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Wisniewski, M., & Donelly, M. 1996. “Measuring service quality in the public sector: the potential for SERVQUAL. Total Quality Manajemen and Business Excellence”. Vol 7 no.4 pp 357-365.




DOI: https://doi.org/10.26905/cjce.v1i2.8575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.