Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Taman Singha dan Taman Bunga Merjosari Kota Malang

Rifky Aldila Primasworo, Pamela Dinar Rahma, Yohana Desideria Bria

Abstract


Malang merupakan kota tujuan wisata dan kota terbesar kedua setelah Surabaya di Jawa Timur. Di era globalisasi saat ini yang sudah semakin tidak menentu, ditambah dengan pemanasan global yang semakin memburuk, Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi solusi untuk mengembalikan lingkungan. Salah satu taman yang berada Di Kota Malang adalah Taman Singha dan Taman Bunga di Kecamatan Merjosari Kota Malang. Seiring dengan berjalannya waktu banyak fasilitas sarana dan prasarana yang sudah usang atau rusak sehingga menimbulkan ketidaknyaman dari pengnjung taman tersebut. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui karakteristik taman sangha dan bunga dan mengetahui mengetahui tingkat kepuasan pengunjung serta meningkatkan kinerja pelayanan Di Taman Singha Dan Taman Bunga Merjosari Kota Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya secara keseluruhan taman singha dan Bunga dikategorikan menunjukan baik hanya saja ada beberapa variabel yang perlu ditingkatkan yaitu pada Taman Singha dan Taman Bunga yaitu ketersediaan Akses Jalan/ Transportasi, Ketersediaan fasilitas Bermain anak, dan ketersediaan fasilitas Olahraga.


Keywords


Kepuasan Pengunjung; Taman Singha dan Taman Bunga; Importance Performance Analisys/IPA

Full Text:

PDF

References


Abdillah. (2021). Taman kota berupa ruang terbuka yang digunakan untuk beraktivitas masyarakat setiap saat.

Adinata, B. L. (2016). Manajemen Strategi pengelolaan ruang terbuka hijau taman Kota (Studi di Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Surabaya). Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Aditia, I., & Suhaji, S. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 102771.

Budihardjo. (1997). Aksebilitas eksternal difokuskan pada jaringan jalan, kendaraan untuk transportasi pribadi maupun umum dan fasilitasnya.

Carr. (1992). Elemen Kualitas Fisik Taman Kota.

Carr. (2019). Kualitas Taman Kota Sebagai Ruang Publik Di Kota Surakarta Berdasarkan Persepsi Dan Preferensi Pengguna. Desa-Kota, 1(1), 84. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v1i1.12494.84-95

Dahlan. (1992). Fungsi ekologi dan estetika dari taman kota.

Darmawan. (2019). Taman yang berada di kawasan pusat kota, berbentuk lapangan hijau yang dikelilingi pohon-pohon peneduh atau berupa hutan kota dengan pola tradisional atau dapat pula dengan desain pengembangan baru.

Ferdinand. (2016). Populasi gabungan dari seluruh elemen yang berbentuk peristiwa, hal atau orang yang memiliki karakteristik yang serupa yang menjadi pusat penelitian.

Frick. (2021). Identifikasi Kualitas Fisik Sarana Dan Prasarana Taman Krido Anggo Dalam Mendukung Kesesuaian Fungsi Taman Kota Sebagai Ruang Publik Di Kabupaten Sragen. Siar Ii, 8686, 156–166.

Hidayat, Fadel. (2020). Identifikasi Fasilitas dan Aktivitas Masyarakat di RTH Putri Kacamayang Pekanbaru. Skripsi Thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

Ilmiajayanti & Dewi. (2013). Standart nasional taman di Inggris, untuk menilai kualitas Taman dan Ruang Terbuka Hijau.

Ilmiajayanti, F., & Dewi, D. I. K. (2015). Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung Terhadap Aksesibilitas dan Pemanfaatannya. Nazzaruddin (1994),1(1), 21–30. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ruang/article/view/82

Irawan. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung taman.

Iswara, R., Astuti, W., & Putri, R. A. (2017). Kesesuaian Fungsi Taman Kota dalam Mendukung Konsep Kota Layak Huni di Surakarta. Irwan (2007), 15(1), 115. https://doi.org/10.20961/arst.v15i1.11406.

Kustianingrum. (2013). Elemen lanskap pada taman kota.

Kustianingrum. (2020). Evaluasi elemen lanskap pada taman inspirasi undip sebagai taman aktif. Imaji, 9(1), 111–120. https://123dok.com/document/ye1e5k1z-evaluasi-elemen-lanskap-taman-inspirasi-undip-sebagai-taman.html

Lokasi, P., Lahan, P., Upaya, D., Ruang, P., Hijau, T., Perkotaan, P., Malang, D. I. K., Wilayah, P., & Kota, D. A. N, (2018). Prioritasi lokasi penyediaan lahan dalam upaya pemenuhan ruang terbuka hijau publik perkotaan di kota malang. Menurut (Kementerian PUPR) Taman Singha Merjosari Merupakan Hasil Pembangunan P2KH Pada Tahun 2012 Dan P2KH 2013.

Mard. (2002). Bagan alir (Flowchart) merupakan kumpulan dari notasi diagram simbolik yang menunjukkan aliran data dan urutan operasi dalam sistem.

Minor. (2001). Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang terdiri dari sarana fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.

Moenir. (2013). Fasilitas Taman Kota. Menurut The Green Flag Award (2017), 53(9), 1689–1699. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/16654/2/T1_512013602_BAB II.pdf.

Muis, M. F. (2018). Sinergitas Pemanfaatan Ruang Publik Taman Aktif Berdasarkan Persepsi PKL dan Pengunjung Taman di Kota Malang (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007, 235, 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf.

Rancangan, M., Parameter, P., Pada, G., Awal, G., Menyerbuk, T., Sebaran, S., Kuning, P., Hadisutrisno, B., Widada, M. J., Handoko, S., Hadisutrisno, B., Widada, A. W. J., Yogyakarta, I., Entropi, I., Pangan, P., Pupuk, P., Npk, P., Tanah, K., Sawah, P., … Taihuttu, H. N, (2013). Functions of Plants in Landscape Design Garden Tomb of the Second World War Australian Heroes in. (Sintia Dan Murhananto, 2004)., 9, 2–5.

Salain. (2021). Diversifikasi Potensi Dan Fungsi Ruang Terbuka Hijau (Rth) Taman Kota Di Wilayah Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 9(1), 44–55. http://dx.doi.org/10.23887/jjpg.v9i1.30480.

Santoso, M. & M. (2014). Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 1(3), 221–231.

Saputra, S., & Yulistianis, S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Tse Dan Wilton (1988), 9(2), 21–31.

Siregar, Y. (2014). Raden Andriani Lestari, 2014 Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif D an Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah D i Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | per. 66–90.

Siregar. (2014) dan Yuslistyari. (2016). Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan Penentuan sampel atau responden.

Sujati, Y. G. G. (2018). Kepuasan Kerja: Arti Penting, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi dan Implikasinya Bagi Organisasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 33-45.

Suntoro. (2015). Fristiawati, 2015 PENGEMBANGAN TAMAN RA. KARTINI SEBAGAI RUANG REKREASI PUBLIK DI KOTA CIMAHI Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu 116. 2006, 116–119.

Tjiptono. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Kartersius pada Rumah Makan Mak Dower Rawamangun. 13. http://repository.stei.ac.id/29 5/%0Ahttp://repository.stei.ac.id/2925/3/BAB 2.pdf

Yerina, F, (2007). Bab II Tinjauan Teori Tonsilitis. 1–29. http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/135/jtptunimus-gdl-sikhatunna-6707-2-babii.pdf Taman Kering, 1999(December), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.26905/cjce.v1i2.9112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.