Desain Jembatan Cable-Stayed dengan Sistem Single Plane di Jalan Tol Pandaan-Malang

Authors

  • Roro Hapsari Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
  • Dionisius Tripriyo Arry Bramantoro Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
  • Ninik Catur Endah Yuliati Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/cjce.v1i2.9346

Keywords:

Angkur, Jembatan cablestayed, Modified Fan Pattern, Pylon, Single Plane System

Abstract

Jembatan cable-stayed adalah salah satu tipe jembatan yang sesuai untuk bentang panjang dan mempunyai  tampilan yang  lebih estetis. Artikel ini menyajikan prosedur dan hasil disain jembatan cable-stayed yang meliputi disain gelagar, kabel, pylon, dan angkur. Lokasi jembatan yang dipilih adalah pada bagian ruas Jalan Tol Pandaan-Malang Exit Toll Malang. Bentang jembatan sepanjang 155 m dan lebar 20 m. Metode perencanaan menggunakan prinsip ultimate design. Berdasarkan perhitungan disain diperoleh dimensi gelagar induk menggunakan WF 900.300.18.34 ; gelagar melintang menggunakan WF 600.300.14.23 yang dipasang pada setiap jarak 5 m; gelagar memanjang menggunakan WF 400.400.13.21 dengan jarak antar gelagar 1,5 m. Kabel menggunakan ASTM A416 Grade 270 dengan variasi strand mulai dari 25-50 strands dengan konfigurasi modified fan pattern dan single plane system. Pylon direncanakan berupa kolom tunggal beton bertulang berdimensi 2,5 m x 2,5 m. Angkur menggunakan VSL SSI 2000. Angkur pada gelagar  dipasang diatas gelagar induk sedangkan angkur pada pylon ditanam menyilang dalam pylon.

Author Biography

Roro Hapsari, Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang

Civil Engineering

References

Badan Standardisasi Nasional. 2004. “SNI T-12-2004: Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatanâ€. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standardisasi Nasional. 2005. “RSNI T-03-2005: Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatanâ€. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standardisasi Nasional. 2016. “SNI 1725:2016: Pembebanan untuk Jembatanâ€. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standardisasi Nasional. 2016. “SNI 2833:2016: Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Irawan, R., Tristanto, L., & Tommy Virlanda, W. N. 2011. Perencanaan Teknis Jembatan Cable-Stayed. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum.

Kementerian PUPR. 2015. “Surat Edaran Nomor 08/SE/M/2015: Pedoman Perencanaan Teknis Jembatan Beruji Kabel. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Downloads

Published

30-12-2022