Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan Jalan Eksisting dan Jalur Lintas Selatan Blitar

Muhammad Miftachul Huda, Fauzi Aldiansyah, Achmad Dzulfiqar Alfiansyah, Nia Dwi Puspitasari

Abstract


Biaya operasional kendaraan merupakan biaya yang diperlukan dalam mengoperasikan kendaraan. Biaya pengoperasian kendaraan dipengaruhi oleh kondisi jalan yang berbeda, geometri, tipe jalan, kecepatan berkendara dan kendaraan yang berbeda. Biaya pengoperasian kendaraan dihitung dengan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI). Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui nilai biaya operasional kendaraan antara jalan Jalur Lintas Selatan dan Eksisting. Dengan menggunakan metode PCI didapatkan biaya operasional kendaraan pada jalan eksisting sebesar Rp. 402.446, Sedangkan biaya operasional kendaraan pada jalan Jalur Lintas Selatan sebesar Rp. 252.004. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai DS pada saat kecepatan rata-rata kendaraan 40 km/jam yaitu sebesar 0,92. Sedangkan nilai DS pada saat kecepatan rata-rata kendaraan 21,9 km/jam yaitu > 1.


Keywords


Eksisting; Geometrik; Operasional; Perkerasan; Biaya

Full Text:

PDF

References


Caesariawan, I., Rizky, D. N., Sipil, J. T., Teknik, F., Diponegoro, U., Kendaraan, B. O., & Rute, P. (2015). Pengaruh Nilai Waktu Pada Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Mobil Penumpang Dalam Pemilihan Rute Jalan Eksisting dan Jalan Lingkar Ambarawa. Wahana Teknik Sipil, 20(1), 24–32.

Lestari, A. T., Hasanuddin, A., & Kriswardhana, W. (2018). Hubungan antara Kerusakan Jalan dan Biaya Operasional Kendaraan Pada Jalan Kolektor Perkotaan Jember. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Lingkungan, 2(1), 57–66. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JRSL/article/view/7583

Nuryati, S., & Haq, S. (2014). Analisis Biaya Kendaraan di Wilayah Tanggerang Dengan Metode Pacific Consultant International. Jurnal Teknik, 3(2), 61–66.

Pemerintah Indonesia. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Kementerian PUPR.

Subandriyo, E., Marpaung, R. R., Ismiyati, I., & Kusharjoko, W. (2014). Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Jalan Lingkar Ambarawa dan Jalan Eksisting. Jurnal Karya Teknik Sipil,

(4), 356–366.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtsc.v2i1.9441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.