Strategi Komunikasi Pemasaran Pit-Stop Kopi KIG Gresik dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Rama Purba Dewa, Didik Tranggono

Abstract


Pit-Stop Kopi KIG merupakan salah satu cafe yang bernuansa warung di Kota Industri Gresik yang berdiri sejak tahun 2019. Konsumen cafe ini terus meningkat setiap tahunnya. Dengan berbagai komunikasi pemasaran Strategi yang digunakan, cafe ini berhasil mempertahankan eksistensi konsumen untuk pembelian kembali dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Pit-stop Kopi (KIG) Gresik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan data-data yang bersifat fakta berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi dan wawancara dengan supervisor area, dan creative director Pit-Stop KIG disertai dengan subjek lima konsumen pelanggan yang loyal, lima konsumen baru dan satu informan ahli untuk melengkapi data. Subjek yang dipilih menggunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview) dengan jenis wawancara yang tidak berstruktur dimana peneliti dapat leluasa memberikan pertanyaan dari berbagai segi dan arah untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pit-Stop Kopi KIG melakukan strategi komunikasi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Strategi komunikasi pemasaran yang diambil adalah periklanan, promosi, pelayanan, produk, place, physical evidence, dan proses. Pit-stop KIG ini juga menentukan saluran komunikasi untuk memesan dengan menggunakan saluran interpersonal dan impersonal, serta menentukan aspek konsumen.


Full Text:

PDF

References


Audinovic, V. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Kue Kering Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 129-140.

Broughton, Mary and Steven, C. (2015). Music, movement and marimba: an investigation of the role of movement and gesture in communicating musical expression to an audience. Society for Education, Music and Psychology Research, 37(2), 137–153. https://doi.org/10.1177/0305735608094511

Duncan, T, Morisson, M. (2010). Komunikasi Pemasaran terpadu. Kencana.

Effendy, O. U. (2005). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Remaja Rosda Karya.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Penerbit Qiara Media.

Griffin, J. (2003). Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Airlangga.

Hamzah, Radja Erland; Manogari, Rialdo Rezeky; Shabrina, R. P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPI KAMAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN. Komunikata57, 1(1).

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008a). Prinsip-prinsip Pemasaran (1st ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008b). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mustaqim, M., Setiyaningsih, L. A., & Fahmi, M. H. (2021). Organizational Culture Dalam Membangun Komunikasi Pendidikan Berbasis Multikulturalisme dan Teknologi. ETTISAL: Journal of Communication, 6(1), 83-98.

Narto. (2019). PENGUKURAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PIT-STOP KOPI GRESIK. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5, 11–16. https://doi.org/10.30656/intech.v5i1.1453

Rangkuti, F. (2006). Measuring Customer satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Selang, C. A., Bauran Pemasaran, P., & Selang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, C. A. (2013). BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA FRESH MART BAHU MALL MANADO. Jurnal EMBA, 71(3), 71–80.

Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Sawidodo, F. (2020). (2020). Media Referensi Berbasis Teknologi Facebook Bagi Wartawan Dalam Menyusun Berita. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 159-176. https://doi.org/https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.101

Setiyaningsih, L. A. (2016). PELATIHAN HANDYCRAFT TALENAN VINTAGE DAN CYBER PROMOTION UNTUK IBU RUMAH TANGGA BERPENGHASILAN RENDAH KELURAHAN KASIN KOTA MALANG. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 1(1).

Setiyaningsih, Lian Agustina. (2020). MEDIA PANICS IBU RUMAH TANGGA SETELAH MENGAKSES BERITA COVID-19 (2020). Jurnal Nomosleca, 6(2), 101–110. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/4721/2594

Widayati, S., Fahmi, M. H., Setiyaningsih, L. A., & Wibowo, A. P. (2021). Digital Community Development: Media Pelestarian Kearifan Lokal Wisata Jurang Toleh Kabupaten Malang. Jurnal Nomosleca, 7(1), 29-44.




DOI: https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.6569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office

Jurnal Nomosleca
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang


Information:
Image result for logo icon png
Jalan Terusan Raya Dieng No.62-64 Malang, 65146, Jawa TImur, Indonesia
Image result for icon png
Phone (0341) 580537
Image result for icon pngjurnal.nomosleca@gmail.com
Image result for icon pnghttp://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/
Image result for icon png
+6281333498586

Statistics:

Indexing:

width="145"width="150"

Tools:

Turnitin

crossref

oktrikGrammarly

Supported By:

Universitas Merdeka Malang Hasil gambar untuk apjiki

© 2020 {Jurnal Nomosleca}, All rights reserved. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Licensed under Creative Commons License a Creative Commons Attribution 4.0 International License