Digital Marketing : The Solution of Omah Japo to Survive in Pandemic Covid-19

Muhammad Fadeli

Abstract


Pandemi covid 19 mengakibatkan turunnya omset UMKM hingga 75%. Hal ini disebabkan oleh pembatasan-pembatasan yang dilakukan pemerintah melaui PSBB dan PPKM. Untuk itu, demi mempertahankan usaha, pemanfaatan digital marketing menjadi satu-satunya pilihan. Melalui digital marketing, pelaku usaha bisa mempromosikan produknya, berinteraksi dengan pengguna, bahkan bertransaksi  secara langsung.  Tantangan bagi UMKM adalah bagaimana menyusun strategi marketing digital; membuat konten gambar, membuat konten video, dan mengiklankan konten tersebut melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana digital marketing berperan dalam mempertahankan usaha Omah Japo di tengah pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik diskriptif kualitatif dengan mengambil subyek pelaku usaha Omah Japo yang berkantor pusat di Kota Nganjuk. Melalui pendekatan ini diperoleh hasil yang alami tanpa rekayasa untuk dideskripsikan pada hasil temuan.  Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada empat tempat Omah Japo 1 di Ngronggot-Nganjuk, Omah Japo 2 rest area KM 626 Tol Kertosono-Ngawi, Omah Japo 3 Trenggalek, dan Omah Japo 4 Jombang sedangkan wawancara dilakukan melalui media telpon dan WA dan media sosial lainnya pada pelaku usaha. Wawancara tidak dilakukan secara langsung karena mengurangi pertemuan langsung ditengah pandemi covid 19, peneliti memanfaatkan teknologi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing yang dilakukan Omah Japo sebagai upaya untuk bertahan di tengah pandemi adalah melalui media sosial facebook, instagram, dan whatsapp group. Melalui tiga media ini terbukti  Omah Japo  mampu mempertahankan animo konsumen dengan angka penjualan yang stabil.


Full Text:

PDF

References


ABDUL AZIZ, R. (2020). E-Book Digital Marketing Content. 14.

Amran, A., Dewi, S. W. K. (2018). Instagram Sebagai Alat Promosi UKM Jersey Futsal Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 23–30.

Bukit, F. R. A., AS, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229-236.

Chaffey, D. andChadwick, F. E. (2012). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.

Christina, I. D., Fenni, F., & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management And Entrepreneurship: Trends Of Development, 4(10), 58-66.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dalam mendirikan UMKM dan efektivitas promosi melalui online di kota tangerang selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gumilang, R. R. (2019). 25-Article Text-116-2-10-20191124. 10(1), 9–14.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (1st ed.). Erlangga.

Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) 4, 2200–2208.

ridwan sanjaya, josua tarigan. (2020). creative digital marketing. PT elex media komputindo.

Sari, F. M., & Wahyudin, A. Y. (2019). Undergraduate Students’ Perceptions Toward Blended Learning Through Instagram in English for Business Class. International Journal of Language Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.7064

Satria, R., & Hasmawaty, A. R. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. 2(3), 160–171.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.

Setiyaningsih, L. A. (2020). MEDIA PANICS IBU RUMAH TANGGA SETELAH MENGAKSES BERITA COVID-19 (2020). Jurnal Nomosleca, 6(2), 101–110. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/4721/2594

Setiyaningsih, L. A., & Fahmi, M. H. (2020). Penguatan Community Development Petani Nanas Desa Palaan melalui Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4361

Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Molyo, P. D. (2021). Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.65

Susanto, A., Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42-51.

Syaifullah, & Saputra, A. (2015). E-MARKETING SYSTEM AGENT PROPERTY MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOSTAC FRAMEWORK ( STUDI KASUS : CV . ILA PROPERTY PEKANBARU ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 49–54.

Widayati, S., Fahmi, M. H., Setiyaningsih, L. A., & Wibowo, A. P. (2021). Digital Community Development: Media Pelestarian Kearifan Lokal Wisata Jurang Toleh Kabupaten Malang. Jurnal Nomosleca, 7(1), 29-44.

Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540




DOI: https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.7173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office

Jurnal Nomosleca
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang


Information:
Image result for logo icon png
Jalan Terusan Raya Dieng No.62-64 Malang, 65146, Jawa TImur, Indonesia
Image result for icon png
Phone (0341) 580537
Image result for icon pngjurnal.nomosleca@gmail.com
Image result for icon pnghttp://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/
Image result for icon png
+6281333498586

Statistics:

Indexing:

width="145"width="150"

Tools:

Turnitin

crossref

oktrikGrammarly

Supported By:

Universitas Merdeka Malang Hasil gambar untuk apjiki

© 2020 {Jurnal Nomosleca}, All rights reserved. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Licensed under Creative Commons License a Creative Commons Attribution 4.0 International License