MODEL PREDIKTOR POTENSI KESULITAN KEUANGAN PERUSAHAAN RETAIL DI INDONESIA

Anandhayu Mahatma Ratri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hasil prediksi potensi kesulitan keuangan perusahaan Retail di Indonesia menggunakan model Altman, Springate, Zmijewski, dan Grover, serta untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan prediksi dari keempat model tersebut dalam  memprediksi kesulitan keuangan perusahaan Retail di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan comparative research atau penelitian perbandingan dengan metode cross sectional. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS 25 dengan menggunakan Uji One Way Anova. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan sub sektor perdagangan ecer yang listing di Bura Efek Indonesia pada tahun 2015 – 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan hasil perhitungan keempat model prediksi kebangkrutan Altman, Springate, Zmijewski, dan Grover menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan. Perusahaan yang dinyatakan bangkrut keseluruhan berjumlah 3 (tiga) menggunakan keempat model prediksi kebangkrutan Altman, Springate, Zmijewski, dan Grover. Hasil dari uji beda ANOVA One Way juga menunjukkan hasil perbedaan yang tidak signifikan, dikarenakan hasil nilai P Value sebesar 0,350 lebih besar dari 0,05. Dengan demikian,  hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keempat model prediksi kebangkrutan Altman, Springate, Zmijewski, dan Grover tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.


Keywords


Prediksi Kebangkrutan, Altman, Springate, Zmijewski, Grover

Full Text:

PDF

References


Ariani, Desi, Retno. (2010). “Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian Karyawan Dalam Menggunakan Komputer (Studi Kasus Pada Karyawan Administrasi Universitas Sebelas Maret Surakarta)”, Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Brimantyo, H., & HUSAINI, A. (2013). Penerapan Analisis Altman Z-Score Sebagai Salah Satu Alat Untuk Mengetahui Potensi Kebangkrutan Perusahaan (Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Listing di BEI Periode Tahun 2009-2011). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 188-198.

Hanafi, 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Oktaviandri, Annisa., Firli, Anisah., Iradianty, Aldilla. (2017) Analisis Prediksi Kebangkrutan Dengan Model Altman, Springate, Ohlson, dan Grover pada Perusahaan di Sektor Pertanian Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Vol. 15, No. 1, Hal: 71-78. Retrieved from Majalah Ilmiah Unikom.

Nikmah dan Sulestari, Dinna Dwi. (2014). Prediksi Financial Distress untuk Perusahaan Besar dan Kecil di Indonesia Perbandingan Ohlson dan Altman. Vol. 4 No. 1, 2014: 36-58.

Rico, Lesmana dan rudi Surjano. (2003). Finansial Performence Analizing. Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta

Darsono dan Ashari. (2005). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta : CV. Andi Offset

E. Altman. 1983. Financial Ratios, Diskriminant Analysis and the Prediction of Corporate Bankruptcy. Journal of Accounting

Springate, Gordon L. V. (1978). Predicting the Possibility of Failure in a Canadian Firm. MBA Research Project Simon Fraser University: unpublished.

Prihanthini, N. M dan Sari, R. M. (2013). Prediksi Kebangkrutan dengan Model Grover, Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal

Akuntansi UniversitasUdayana 5.2 (2013): 417-435. Retrieved from Scholarly Articles Journal.




DOI: https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bisnis dan Manajemen
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang



Mailling Address:
  • Address: Terusan Dieng Street 62-64 Malang, Indonesia
  • Website: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm
  • Email: jbm.unmermlg@unmer.ac.id
  • Phone: +62 813-9393-3938
Free counters!

View Stat JBM