PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi

Syahri Ramadhani

Abstract


Abstrak— Penelitian ini mencoba untuk menerapkan PIECES Framework pada analisis sistem infromasi. Untuk meerapkannya di perlukan untuk menguji respon pengguna pada suati sistem informasi, dan sistem yang akan di uji adalah SIM PKN milik Universitas Muhammadiyah Malang, PIECES berfokus pada 6 fokus analisis (performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Effeciency, dan Service). Tujuan Penelitian ini adalah Pengaplikasian PIECES Framework dengan mengukur tingkat kepentingan dan kepuasan pada SIM PKN Teknik informatika UMM. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Tanggapan pengguna tentang SIM PKN sangat baik dengan rata rata pada tingkat kepuasan sebesar 4.03 dan tingkat kepentingan sebesar 4.19.

 

Kata Kunci: PIECES, SIM PKN, Analisa sistem informasi

Abstract— This Paper try to apply PIECES Frameworn on System Infromation analysis. To realize it, we need to test user repond on one information system, we will try to test on SIM PKN, one of information system in Universitas Muhammadiyah Malang. PIECES Framework has 6 scope analysis (Performance, Information and Data, Economics,Control and Security, Effeciency, and Service).Our purpose is Apllyin PIECES framework to determined Satisfaction of user and Importance of the system on SIM PKN. This paper obtained result that show the research is done, and users response are very good with average of satisfaction 4,03 and importance of system 4,19.

 

Index Terms: PIECES, SIM PKN, Information System analysis

Keywords


Information system;analysis;PIECES

References


Tullah, Rahmat. Hanafri, Muhammad Iqbal. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces. ISSN: 2088-1762. Jakarta: Jurnal Ilmiah Kursor Vol 1/Maret 2014: 22-28

Supriyatna, Adi. Maria, Vivi. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES. ISSN: 2477-698X. KHAZANAH INFORMATIKA Vol. 3 No. 2 Desember 2017

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nugraha, Rizal. Harsono,Ambar. Adianto,Hari. (2014). Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analyisi (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Vol. 01 No. 03 Januari 2014: 221-231

C. M. N. Faisal, M. Gonzalez-Rodriguez, D. FernandezLanvin, and J. De Andres-Suarez (2017) .Web Design Attributes in Building User Trust, Satisfaction, and Loyalty for a High Uncertainty Avoidance Culture. IEEE Trans. Human-Machine Syst., vol. 47, no. 6, pp. 847 859, 2017

Rahimi, Mohammad. Armand Baboli. Yacine Rekik.(2014). A bi-objective inventory routing problem byconsidering customer satisfaction level in context of perishable product. IEEE Symposium on Computational Intelligence in Production and Logistics Systems (CIPLS). 91-97

S. M. H. Mahmud, A. Kabir, O. A. M. Salem, K. Ntikurako, and G. Fernand.(2016). The Comparative Analysis of Online Shopping Information Platform ’ s Security Based on Customer Satisfaction. no. 2012, pp. 157–161, 2016


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.