Eksistensi Industri Percetakan dan Penerbitan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Prespektif
DOI:
https://doi.org/10.26905/jbm.v10i1.10520Keywords:
Industri Percetakan dan Penerbitan, Pandemi Covid-19, Teknologi DigitalAbstract
Industri Percetakan dan Penerbitan di seluruh Dunia mengalami dampak yang signifikan akibat Pandemi COVID-19. Penelitian ini mencoba memberikan perspektif/tinjauan terkait eksistensi Industri Percetakan dan Penerbitan di tengah Pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber terpercaya seperti jurnal, buku, dan laporan Industri. Bentuk review dalam penelitian ini adalah Narrative Overview/Unsystematic Review. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap Industri Percetakan dan Penerbitan, seperti penurunan permintaan pasar, kesulitan dalam mengimpor bahan baku, dan keterbatasan dalam produksi karena protokol Kesehatan yang harus dipatuhi. Namun, Industri ini menunjukkan ketahanan yang luar biasa dan mengambil berbagai strategi untuk bertahan selama Pandemi, seperti melakukan inovasi produk, memperluas pasar online, dan mengoptimalkan sistem distribusi. Secara keseluruhan, meskipun Industri Percetakan dan Penerbitan mengalami tantangan selama Pandemi COVID-19, tetapi Industri ini tetap dapat bertahan dan berkembang. Seiring dengan adopsi teknologi digital dan perubahan kebiasaan konsumen, Industri Percetakan dan Penerbitan memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang dan menghadapi tantangan yang ada di masa depanReferences
Acciarini, C., Boccardelli, P., & Vitale, M. (2021). Resilient companies in the time of Covid-19 pandemic: a case study approach. Journal of Entrepreneurship and Public Policy, 10(3), 336–351. https://doi.org/10.1108/JEPP-03-2021-0021
Al Azis, M. R. (2021). Tantangan Industri Penerbitan Buku Di Indonesia Sebagai Bagian Dari Industri Kreatif Dalam Mengarungi Era Digitalisasi Dan Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 236. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i3.17949
Guren, C., McIlroy, T., & Sieck, S. (2021). COVID-19 and Book Publishing: Impacts and Insights for 2021. Publishing Research Quarterly, 37(1), 1–14. https://doi.org/10.1007/s12109-021-09791-z
Ibrahim, A., Adrian, M. R., & Mariana, V. E. (2022). Industri buku cetak masih berdetak. 794.
Ispriadi, B. D. S., Putri, D. A., & Dewani, P. K. (2020). Eksistensi Media Cetak Pada Masa Pandemi Covid-19. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 127–134. https://doi.org/10.33366/jisip.v9i2.2233
Koesanto, S. M. A. A., Rubyasih, A., & Rahmaddian, R. (2023). Media Massa Cetak Pada Masa Pandemi Virus Covid 19: Hidup Atau Mati. Anterior Jurnal, 22(1), 81–85. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.3932
Nassereddine, H., Seo, K. W., Rybkowski, Z. K., Schranz, C., & Urban, H. (2021). Propositions for a Resilient, Post-COVID-19 Future for the AEC Industry. Frontiers in Built Environment, 7(July), 1–16. https://doi.org/10.3389/fbuil.2021.687021
O’Connor, N. (2021). Publishing during a pandemic: Resilience and change. Learned Publishing, 34(1), 68–70. https://doi.org/10.1002/leap.1360
Ren, D., & Kang, Z. (2021). How COVID-19 Has Affected China’s Publishing Industry. Publishing Research Quarterly, 37(3), 494–502. https://doi.org/10.1007/s12109-021-09829-2
Sheresheva, M., Skakovskaya, L., Bryzgalova, E., Antonov-Ovseenko, A., & Shitikova, H. (2021). The Print Media Convergence: Overall Trends and the COVID-19 Pandemic Impact. Journal of Risk and Financial Management, 14(8), 1–17. https://doi.org/10.3390/jrfm14080364
Shvets, K. (2020). the Impact of the Covid-19 Pandemic and Digitalization on the Printed Publications Use in the Education System. Educational Analytics of Ukraine, 2(2), 115–127. https://doi.org/10.32987/2617-8532-2020-2-115-127
Suhendra, M. F., Helmiawan, M., & Indrasari, N. P. (2020). Tantangan Pelaku Penerbitan di Era Industri 4.0 : Sebuah Tnjauan. Mediasi, 1(1), 1–21.
Supadiyanto, S. (2020). (Opportunities) Death of Newspaper Industry in Digital Age and Covid-19 Pandemic. Jurnal The Messenger, 12(2), 192. https://doi.org/10.26623/themessenger.v12i2.2244
Venkateshbabu, S., & Shankrappa, S. (2020). Printing and publishing Industry and COVID-19 Pandemic. 2(4), 201–203. https://doi.org/10.35629/5252-0204201203
Wahyudi, I. (2021). Pandemi Covid, Revolusi Digital dan Keberlanjutan Jurnalisme Berkualitas. Jurnal Dewan Pers, 22(July), 55–75.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Jurnal Bisnis dan Manajemen is University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.