Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Jasa Angkutan Barang Kargo dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas
DOI:
https://doi.org/10.26905/jbm.v10i1.9903Keywords:
Business Model Canvas, Freight Service, QSPM, SWOTAbstract
Kondisi ekonomi yang terus membaik membuat persaingan bisnis semakin ketat termasuk dalam sector jasa angkutan barang. PT XYZ adalah sebuah perusahaan UMKM jasa angkutan barang kargo yang berlokasi di Bekasi. Sejak restrukturisasi, sistem dan mekanisme usaha yang berjalan belum memberikan dampak optimum bagi keberlangsungan bisnis karena pendapatan terus menurun. Selama ini perusahaan belum memiliki strategi bersaing dan sulit membuat keputusan. Sehingga perlu dibuat suatu konsep perancangan pengembangan strategi bisnis yang baik untuk peningkatan kinerja dan daya saing perusahaan. Bisnis Model Kanvas adalah manajemen strategis yang digunakan untuk mengembangkan atau mendokumentasikan model bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model bisnis dan merancang model bisnis perbaikan yang dapat digunakan PT XYZ sebagai strategi pengembangan bisnis. Penelitian ini merupakan kajian langsung terhadap studi kasus menggunakan metode deskriptif. Selain analisis Bisnis Model Kanvas, penelitian juga menggunakan alat analisis Porter’s Five Force, external factor evaluation (EFE) matrix, internal factor evaluation (IFE) matrix, strengths-weaknesses-opportunities-threats (SWOT) matrix, dan quantitative strategic planning (QSPM) matrix. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, perbaikan model bisnis yang dapat diusulkan terletak pada elemen key activities, value proposition, dan customer segment dengan alternatif strategi penyusunan program kerja secara komprehensif, menjaga kualitas layanan, dan penyusunan program pemasaran.
References
David Fred, David Forest. 2017. Strategic Management: A Competitve Advantage Approach. Volume ke-1.
Kotler K. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Ed ke-13 Volume ke-1. Erlangga.
Lafkihi M, Pan S, Ballot E. 2019. Freight transportation service procurement: A literature review and future research opportunities in omnichannel E-commerce. Transp. Res. Part E Logist. Transp. Rev. 125(July 2018):348–365.doi:10.1016/j.tre.2019.03.021.
Mordor Intelligent. 2021. Indonesia Freight and Logistic Market - Growth, Trends, Covid-19 Impac, and Forecast (2021-2026).
Murphy PR, Daley JM. 2001. Profiling international freight forwarders: An update. Int. J. Phys. Distrib. Logist. Manag. 31(3):152–168.doi:10.1108/09600030110389433.
Ongkowijoyo G, Sutrisno TFCW, Teofilus T, Hongdiyanto C. 2020. Adaptive Supply Chain Management under Severe Supply Chain Disruption: Evidence from Indonesia. J. Distrib. Sci. 18(11):91–103.doi:10.15722/jds.18.11.202011.91.
Osterwalder A, Pigneur Y, Smith A, Movement T. 2010. Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons.
Pirra M, Carboni A, Deflorio F. 2022. Freight delivery services in urban areas: Monitoring accessibility from vehicle traces and road network modelling. Res. Transp. Bus. Manag. 45(September 2020):100680.doi:10.1016/j.rtbm.2021.100680.
Porter ME. 2008. The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Harvard Business Review.
Rainaldo M, Wibawa BM, Rahmawati Y. 2017. Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). J. Sains dan Seni ITS. 6(2):2–6.doi:10.12962/j23373520.v6i2.25277.
Soebijoto H. 2021. Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia saat Ini Sudah Lampaui Level sebelum Pandemi Covid-19. wartakota.:1–3. [diunduh 2021 Agu 30]. Tersedia pada: https://wartakota.tribunnews.com/2021/08/25/sri-mulyani-ekonomi-indonesia-saat-ini-sudah-lampaui-level-sebelum-pandemi-covid-19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Jurnal Bisnis dan Manajemen is University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.