Layanan pelanggan berbasis Natural Language Processing melalui chatbot pada aplikasi pesan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. R. Alfares, L. Fimawahib, and E. Riskigmailcom, “( Studi Kasus Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Rokan Hulu ),” vol. 9, no. 1, pp. 28–34, 2023.
S. Pusat, I. Calon, M. Baru, and D. I. U. Nasional, “RANCANG BANGUN CHATBOT BERBASIS RULE-BASED,” 2023.
S. H. Bariyah and K. A. N. Imania, “Pengembangan Virtual Assistant Chatbot Berbasis Whatsapp Pada Pusat Layanan Informasi Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia - Garut,” J. Petik, vol. 8, no. 1, pp. 66–79, 2022, doi: 10.31980/jpetik.v8i1.1575.
M. Sidik, B. Gunawan, and D. Anggraini, “Pembuatan Aplikasi Chatbot Kolektor dengan Metode Extreme Programming dan Strategi Forward Chaining,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 293, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021824298.
A. Nugroho, D. P. Adi, and A. B. Gumelar, “Chatbot Untuk Customer Service Berbasis Teks dan Suara pada Sistem Manajemen Pemesanan (OMS) Menggunakan Platform Android,” J. Repos., vol. 2, no. 6, p. 683, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i6.939.
A. A. Chandra, V. Nathaniel, F. R. Satura, F. Dharma Adhinata, and P. Studi, “Pengembangan Chatbot Informasi Mahasiswa Berbasis Telegram dengan Metode Natural Language Processing,” J. ICTEE, vol. 3, no. 1, pp. 20–27, 2022.
N. Y. N. Pratama and F. Y. Al Irsyadi, “Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 21, no. 1, pp. 64–71, 2021, doi: 10.23917/emitor.v21i1.12123.
D. Fajar Ramadhan, S. Noertjahjono, and J. Dedy Irawan, “Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 198–205, 2020, doi: 10.36040/jati.v4i1.2375.
A. L. Maitri and J. Sutopo, “Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” Eprints.Uty.Ac.Id, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/
A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.
Dinar Nur Safitri and Muhammad Imron Rosadi, “Rancang Bangun Penyedia Layanan Informasi Pelayanan Masyarakat Kantor Kecamatan Pandaan Menggunakan Chatbot,” J. Comput. Sci. Vis. Commun. Des., vol. 6, no. 2, pp. 74–83, 2021, doi: 10.55732/jikdiskomvis.v6i2.427.
D. I. Rumah, S. Mata, and Y. A. P. Yogyakarta, “Aplikasi Autoresponder Wa Untuk Layanan Pendaftaran,” p. 115, 2021.
D. S. Hormansyah and Y. P. Utama, “Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan Di Malang Dengan Menggunakan Metode Tf-Idf,” J. Inform. Polinema, vol. 4, no. 3, p. 224, 2018, doi: 10.33795/jip.v4i3.211.
E. Larasati Amalia and D. Wahyu Wibowo, “Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 13, no. 2, pp. 137–142, 2019.
H. W. T. A. E. D. Mayatopani, “Peran Ketua Rt Dalam Edukasi Warga Melalui Transformasi Digital Pandemi Covid-19 Menggunakan Chatbot,” KOCENIN Ser. Konf., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2020.
DOI: https://doi.org/10.26905/jisad.v1i1.9858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Information System and Application Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Tools
Department of Information System, Faculty of Information Technology Published by University of Merdeka Malang Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146, Phone: (+62341) 566462 Email: jisad@unmer.ac.id
|