Pengaruh Sapta Pesona Terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Ekowisata Boonpring
DOI:
https://doi.org/10.26905/jt.v3i2.11077Keywords:
Ecotourism, Sapta Pesona, Tourist SatisfactionAbstract
Boonpring merupakan destinasi  andalan Desa Sanankerto Kabupaten Malang yang memiliki daya tarik yaitu hutan bambu sebagai daya tarik wisata utama. Dengan melihat daya tarik wisata utama di Boon Pring adalah hutan bambu yang lekat dengan kearifan lokal, maka penerapan pesona sapta sangat penting dan perlu diperhatikan dalam pengembangan pariwisata di Boon Pring. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Sapta Pesona terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Boon Pring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling yang dilakukan dengan menggunakan link kuesioner berupa Google Form kepada 100 responden yang berkunjung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa Sapta Pesona berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, hal ini juga menggambarkan bahwa penerapan Sapta Pesona di Boon Pring memberikan pengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung merasa puas karena Boon Pring telah menerapkan Sapta PesonaReferences
Alvianna, S. (2020). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. 1(December), 248–257.
Anibal MJ N’dami, C. ;, Syarif, H. ;, Stella, A. ;, Muhammad Danang, S. ;, & Rulli, K. (2021). Prespective of Tourism Development in Bijagos Island ( Guinea-Bissau ) As Well As Community Economic Growth. 9(1), 3766–3773.
Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety , Environment) terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri di Era New Normal serta Dampaknya pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1404–1416. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40351
Eman, E. M., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Lazaruddin, A. (2021). The Influence of Social Media on Tourists Visiting Lake Weekuri Southwest Sumba. 6(1), 538–542.
Estikowati; et al. (2022). Pengantar Ilmu Pariwisata Angkasa. September, 1–344.
Hermawan, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan: Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Jurnal Media Wisata.
Hermawan, Y., Hidayatullah, S., Alviana, S., Hermin, D., & Malang, U. M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wisata Edukasi Dan Dampak Yang Didapatkan Masyarakat Desa Pujonkidul. 1(1), 1–14. https://doi.org/10.21154/edusia.xx.xx
Indriani, J., & Kuswoyo, C. (2017). Pengaruh City Branding Pada City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Purwakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 41. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i1.410
Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.
Nurlestari, A. fitri. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal Pariwisata.
Oroh, S., Mananeke, L., & Sangkaeng, S. (2015). Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.10113
Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Universitas, ), Malang, M., Teknologi, I., Bisnis, D., & Malang, A. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @bbtnbromotenggersemeru. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, 2(1).
Priambudi, R. R., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik Yang Berkunjung Di Batu Love Garden Kota Batu Jawa Timur. 1(1), 26–35.
Saway, W. V., Alvianna, S., Estikowati, Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 6(1), 1–8.
Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., & Rachmadian, A. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Pantai Tiga Warna. 2(1), 142–151.
Setyanto, I., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) Terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Travel as a journal publisher. Copyright includes the right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, and their translations.
The TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Tourist Travel and Editors strive to ensure that no false or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of articles and advertisements published in the Travel Media journal are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.