Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Kelabba Madja Sabu Raijua (Nusa Tenggara Timur)

Novita Indahsari Wenyi, Anisa Zuhria Sugeha, Ayu Fitriatul 'Ulya, Asrofi Asrofi

Abstract


Pertumbuhan teknologi yang semakin meningkat di era modern saat ini menjadikan setiap orang sangat bergantung pada gadget dan media sosial guna mencari indormasi dalam bidang apapun, salah satunya dalam bidang pariwisata. Wisatawan akan mencari informasi melalui media sosial khususnya instagram terkait tempat wisata yang akan dikunjungi. Dengan adanya media sosial instagram akan mempermudah wisatawan mendapatkan informasi terkait objek wisata Kelabba madja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengannalisis Pengaruh media Sosial Instagram dan Citra Destinasi Terhadap kepuasan Berkunjung Wisatawan. Populasii dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah datang ke objek wisata Kelabba Madja sebesar 95 responden. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan SPSS. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Deskriptif Responden, Deskriptif Variabel, Uji Validitas dan Realibilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel Media Sosial (X1) dan Citra Destinasi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y).

Keywords


Media Sosial, Citra Destinasi, Kepuasan Berkunjung Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Zainurossalamia, S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 145-153.

Asya, H., Andriani, K., & Kholid, M. (2014). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan . Jurnal Administrasi Bisnis , Vol. 16 No. 1

Azzahra, A., & Nainggolan, B. (2022, September). Pengaruh Media Sosial, EWoM, Citra Merek, Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan di R Hotel Rancamaya. Sinomika Journal. Anggi. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan. Pengertian, Jenis dan Fungsinya Bagi Bisnis.

Amelia, & Murwatiningsih. (2016). Pengaruh Citra Destinasi dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengunjung Melalui Kepuasan Pengunjung. Management Analysis Journal. Aritonang. (2005). Kepuasan Pelanggan . PT Gramedia Pustaka Utama.

Astini, & Sulistiyowati. (2015, November). Pengaruh Destination Image, Travel Motivation, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim di Pantai Cerita Pandenglang Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1 - 11.

Asya, H., Andriani, K., & Kholid, M. (2014). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan . Jurnal Administrasi Bisnis , Vol. 16 No. 1.

Azwar, & Saifuddin. (n.d.). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar. Baloglu, Seyhmus, & Bringberg, D. (1997). Affective Image of Tourism Destinations. Journal of Travel Reseacrh, 11-15.

Dwi, A., & Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita. Embun, S. P., Eka, M., & Lusra, P. S. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Media Sosial Instagram Atribut Produk Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 319-334.

Ester, A., Syarifah, H., & ZainurossalamiaSaida. (2020). Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 145-153.

Ferdinand, & Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali. (2018). Uji Koefisien Determinasi. in Journal of management and business. Instagram User In Indonesia. (2022).

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. PT Gramedia Widisarana. Isnairi, & Abdillah. (2018). Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Serta Dampaknya Pada Minat Kunjungan. Journal Administrasi Bisnis, 122 - 129.

Jehan, A. L., Santosa, B., & Puspitadewi, I. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Experiental Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen .




DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v4i1.13498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

Tools:

Supported by:

 

Jurnal Pariwisata Tourista
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.