Pengaruh Harga, Atraksi Wisata dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Outbound Training Di Appel Sun Learning Center, Bumiaji, Kota Batu

Salvonia Eviviani, Aprillia Rachmadian, Ani Puspawigati, Gilang Sandhubaya

Abstract


Objek wisata yang banyak bermunculan akan menyebabkan banyak pesaing dalam usaha pariwisata, sehingga setiap perusahaan atau para pelaku usaha pariwisata harus mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan daya saing perusahaan, karena di era modernisasi ini persaingan usaha pariwisata semakin ketat, oleh karena itu diperlukan inovasi dan strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah harga, atraksi wisata, customer experience berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung outbound training di Appel Sun Learning Center, Bumiaji, Kota Batu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang berkunjung ke wisata outbound di Appel Sun Learning Center dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuesioner dan diolah melalui aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga (X1) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y). Variabel atraksi wisata (X2) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan kepuasan pengunjung (Y). Variabel customer experience (X3) menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y). Semua variabel independen yaitu harga, atraksi wisata dan customer experience bernilai positif terhadap kepuasan pengunjung outbound training di Appel Sun Learning Center, Bumiaji, Kota Batu.

Keywords


Harga, Atraksi Wisata, Customer Experience dan Kepuasan Pengunjung

Full Text:

PDF

References


Agustia, Y.P. dan Suryani (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2023). Statistik Indonesia Statistical Yearbook of Indonesia 2023. ISSN: 0126-2912. No. Publikasi 032000.2303.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2020). Kota Batu Dalam Angka Municipaliti In Figures 2021. ISSN 0215-3579. No. Publikasi 35790.2101. Kota Batu: CV. Azka Putra Pratama.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2021). Kota Batu Dalam Angka Municipaliti In Figures 2022. ISSN 0215-3579. No. Publikasi 35790.2201. Kota Batu: CV. Azka Putra Pratama.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2022). Kota Batu Dalam Angka Municipaliti In Figures 2023. ISSN 0215-3579. No. Publikasi 35790.2304. Kota Batu: CV. Azka Putra Pratama.

Badiatul. A. M.(2009). Fun Outbound-Merancang Kegiatan Outbound Yang Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Batam Tourism Polytechnic. (2021). Mengenal Klasifikasi dan Jenis-jenis Pariwisata. Batam, Indonesia. Brooks, I. (2006). 5 Steps to creating a great customer experience.

Chaerunissa, S. F. & Yuniningsih, T. (2019). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia.

Chen, S.-C., & Lin, C.-P. (2014). The impact of customer experience and perceived value on sustainable social relationship in blogs: An empirical study. Technological Forecasting & Social Change xxx (2014).

Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.

Fandy Tjiptono, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset. 90 Gentile,

C., Nicola S. & Giuliano N. (2007). How to Sustain the Customer Experience: An Overview of Experience Components thet Co-create Value Will the Customer. European Management Journal Vol 25.

Ghozali, I.(2009). Ekonometrika: Teori, Konsep Dan Aplikasi Dengan Spss 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I.(2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gunn, C.A. & Var. (2002): Tourism Planning. Crane Company. New York.

Hasanah, A.(2020). Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Satisfaction (Studi Pada Pengunjung Kampong Inggris Kebumen). STIE Putra Bangsa Kebumen, Indonesia.

Hawkins dan Lonney.(1997). Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. USA: McGraw-Hill.

Iranita. (2018). Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Destinasi Wisata Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia.ISSN 2747-0067.

Jafari, J. (2000). Encylopedia of Tourism. London: Routledge.

Jaya, U. D. dan Amellia, T. (2021). Pengaruh Harga Tiket dan Atraksi Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung Situgunung Suspension Bridge Sukabumi. Institut Manajemen Wiyata Indonesia, Sukabumi, Indonesia.

Kotler, Philip & Gary M. Amstrong. (2012). Principles of Marketing. New Jersey, USA: Pearson.




DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v4i1.13499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

Tools:

Supported by:

 

Jurnal Pariwisata Tourista
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.