Motivasi dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan petik apel mandiri Kota Batu
Keywords:
Motivasi Wisatawan, Citra Destinasi, Keputusan berkunjung wisatawanAbstract
Berwisata adalah salah satu pilihan terbaik mengurangi kejenuhan kesibukan sehari-hari. Kota Batu Jawa Timur adalah salah satu kota yang kaya akan tempat wisata, wisata buatan maupun wisata alam. Petik Apel Mandiri adalah satu dari destinasi wisata di Kota Batu. Dengan mengusung konsep wisata kebun, wisatawan dapat menikmati alam, mengkonsumsi langsung buah yang dipetik di kebun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan Petik Apel Mandiri Kota Batu. Penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling diperoleh 97 responden melalui rumus Cochran. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan ditunjukkan dengan hasil sebesar 72,5% dan motivasi adalah variabel paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan Petik Apel Mandiri Kota Batu.
Downloads
References
Batu, D. P. (2022). Data Kunjungan Wisatawan 2022. Dipetik 2022, dari Disparta Kota Batu: disparta.batukota.go.id BPS. (2020). Jumlah Pengunjung Objek Wisata dan Wisata leh-oleh menurut Tempat Wisata di Kota Batu. 2020: Badan Pusat Statistik .
Croy, G. (2014). Tourism, Image and The Media, Teaching The Relationship. Busecu.Monash.Edu. Danang, S. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung : PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.
Esichaikul, R. (2012). Travel Motivations, Behaviour adn Requirements of Europian senior tourist to thailand. Pasos. Revista De Turismo Y Patrimonio Cultura, 47- 58.
Fandeli, C. (2001). Dasar-dasar Managemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program, IBM SPSS . Semarang: Badan Penerbit.
Hadinoto, K. (1996). Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: Universitas Indonesia .
Hailin, Q., Hyunjung, L., & Hyunjung, H. (2010). A Model of Destination Branding : Integrating the concepts of the branding and destination image. Tourism Management 32(2), 465-476.
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial . Yogyakarta : Grafika .
Hanif, A. (2016). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis.
Hidayah, N. (2019). Pemasaran destinasi pariiwisata . Bandung: Alfabeta. Jalivand, M. R., & Samiei, N. (2012). The Effect of Word of Mouthon Inbound Tourists' Decision for Traveling to Islamic Destinations (The Cas of Isfahan as a Tourist Destination in Iran). Journal of Islamic Marketing, 32(1) 12-21. Kemenparekraf. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Dipetik 6 Tuesday, 2023, dari JDIH KEMENTRIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF: dih.kemenparekraf.go.id/katalog-1- produk-hukum
Kennedy, J. E. (2009). Managemen Event. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer. KominfoProvJatim. (2009, June 26). Kota Batu Diusulkan Berganti Menjadi Kota Wisata Batu. Dipetik June 8, 2023, dari Kominfo.JatimProv.go.id: https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/17585 Kotler, P. (2002). Marketing Management, Milenium Edition. USA: Pearson Custom Pubishing.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing 12th Edition . London: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen 15th Edition . Inc: Pearson Education. Lastari, P. D. (2019). Pengaruh Motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung ke Kampung Kapitan Palembang . http://eprints.polsri.ac.id/7357/. Lopes. (2011). Destination Image: Origins, Developments, and Implications. Revista de Turismo y Patriminio Cultural, 305-315.
Maulidiya, D. R., & Muksin. (2018, April 18). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung WIsatawan Di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Dipetik June 08, 2023, dari Repository.ub.ac.id: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9560/
Mc Donald, F. J. (1959). Educational Psychology. Tokyo : Overseas Publication, 77. McIntosh, R. (1977). Karakteristik WIsatawan. Dalam I. G. Pitana, Sosiologi Pariwisata (hal. 58). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Melati, B. C. (2020). Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengelolaan Agrowisata di Desa Tulungrejo Kota Batu (Studi : Top APel Mandiri). Jurnal Destinasi Pariwisata Vo l8 No 1. Meyers, K. (2009). Pengertian Pariwisata . Jakarta : Unesco Office .
Muljadi, A., & Warman, H. A. (2014). Kepariwisataan dan Perjalanan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Pitana, I. G., & Gayatri, I. P. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: CV. ANDI. Prawira, D. (2023, January 25). Universitas Padang Reposity. Dipetik June 8, 2023, dari Junral Pendidikan Tambusai: http://repository.unp.ac.id/42016/
Prayogo, R. R. (2018). Perkembangan Patiwisata Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta : Bitread Publishing.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas. Magelang : Staia Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Travel as a journal publisher. Copyright includes the right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, and their translations.
The TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Tourist Travel and Editors strive to ensure that no false or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of articles and advertisements published in the Travel Media journal are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.