E-wom dan citra destinasi terhadap minat berkunjung pengunjung pada Kaliwatu rafting kecamatan Bumiaji Kota Batu
Keywords:
Electronic Word Of Mout, Cita Destinasi, dan Minat Berkunjung.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronik Word Of Mouth dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung wisatawan pada Kaliwatu Rafting kecamatan Bumiaji Kota Batu. Variabel yang digunakan adalah Electronic Word Of Mouth dan Citra Destinasi sebagai variabel bebas, sedangkan Minat Berkunjung adalah variabel terikat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan berupa angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cara Probablity sampling dengan menyebarkan link kuesioner kepada responden dalam bentuk google form dengan jumlah 100 responden. Analisis yang digunakan meliputi pengujian validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS untuk perangkat lunak windows. Berdasarkan hasil olah perangkat lunak SPSS didapatkan hasil bahwa secara parsial Electronic Word Of Mouth/EWOM dan Citra Destinasi berpegaruh positif atau signifikan terhadap terhadap minat berkunjung dan secara simultan atau bersamaan Elecctronic Word Of Mouth/EWOM dan Citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung dengan nilai fhitung>ftabel atau 101,863 > 2,358, dan tingkat signifikan 0,000 < 0,1. Disisi lain Citra Destinasi lebih berpengaruh dominan terhadap Minat Berkunjung.Downloads
References
Abbasi, A. Z., Tsiotsou, R. H., Hussain, K., Rather, R. A., & Ting, D. H. (2023). Investigating the impact of social media images’ value, consumer engagement, and involvement on eWOM of a tourism destination: A transmittal mediation approach. Journal of Retailing and Consumer Services, 71, 103231.
An, L., Zhenpeng, L., Bilgihan, A., & Okumus, F. (2021). Marketing China to US travelers through electronic word-of-mouth and destination image: Taking Beijing as an example. Journal of Vacation Marketing, 27(3), 267-286.
Apriliyanti, Ester, Syarifah Hudayah, and Saida Zainurossalamia ZA. "Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda." Jurnal Manajemen 12.1 (2020): 145-153.
Assaker, G., & O’Connor, P. (2021). eWOM platforms in moderating the relationships between political and terrorism risk, destination image, and travel intent: the case of Lebanon. Journal of Travel Research, 60(3), 503-519.
Assaker, Guy, and Peter O’Connor. "eWOM platforms in moderating the relationships between political and terrorism risk, destination image, and travel intent: the case of Lebanon." Journal of Travel Research 60.3 (2021): 503-519.
Assaker, Guy; O’connor, Peter. eWOM platforms in moderating the relationships between political and terrorism risk, destination image, and travel intent: the case of Lebanon. Journal of Travel Research, 2021, vol. 60, no 3, p. 503-519.
Goyal, C., & Taneja, U. (2023). Electronic word of mouth for the choice of wellness tourism destination image and the moderating role ofCOVI19 pandemic. Journal of Tourism Futures. Kanwel, Shahida, et al. The influence of destination image on tourist loyalty and intention to visit: Testing a multiple mediation approach. Sustainability, 2019, vol. 11, no 22, p. 6401.
Maghfiroh, A. (2017). Analisis pengaruh electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap minat berkunjung serta dampaknya terhadap keputusan berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
Mesra, B., Surya, E. D., & Saragih, M. G. (2021). Kajian Dasar Pariwisata. Researchgate. Net.
Primadany, S. R. (2013). Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (studi pada dinas kebudayaan dan pariwisata daerah kabupaten nganjuk) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Putra, Gagah Bimo Setyo; Kumadji, Srikandi; Hidayat, Kadarisman. Pengaruh citra perusahaan terhadap minat berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Taman Rekreasi PT. Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Brawijaya University, 2015.
Ran, Li, et al. "Marketing China to US travelers through electronic word-of-mouth and destination image: Taking Beijing as an example." Journal of Vacation Marketing 27.3 (2021): 267-286.
Ran, Li, et al. Marketing China to US travelers through electronic word-of-mouth and destination image: Taking Beijing as an example. Journal of Vacation Marketing, 2021, vol. 27, no 3, p. 267-286.
Rufaida, T. G. (2021). Pengaruh EWOM, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian VOD Netflix. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5911-5927.
Sukmawati, R., & Martaleni, M. (2018). Analysis Keputusan Wisatawandalam Mengunjungi Tempat Wisata Kaliwatu Rafting Di Kota Batu. JIM (Jurnal Ilmu Manajemen), 4(2).
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2)
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Travel as a journal publisher. Copyright includes the right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, and their translations.
The TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Tourist Travel and Editors strive to ensure that no false or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of articles and advertisements published in the Travel Media journal are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.