Pengaruh Citra Destinasi Dan Electronic Words Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kampung Adat Raja Prailiu Dengan Minat Berkunjung Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.26905/jt.v4i1.13502Keywords:
Kampung Adat Raja Prailiu, Citra Destinasi, Electronic Words of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan BerkunjungAbstract
Kampung Adat Raja Prailiu merupakan desa wisata yang terletak di Kabupaten Sumba Timur yang masih terus mempertahankan budaya dan adat istiadatnya secara turun temurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi dan electronic words of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kampung Adat Raja Prailiu dengan minat berkunjung sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan mancanegara dan domestik yang berkunjung ke Kabupaten Sumba Timur tahun 2022 sejumlah 34.896 wisatawan. Penarikan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sejumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis diperoleh citra destinasi berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan, electronic words of mouth berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan, citra destinasi tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, electronic words of mouth berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, minat berkunjung wisatawan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan melalui minat berkunjung wisatawan, electronic words of mouth berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan melalui minat berkunjung wisatawan.References
Alma, Buchari. 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV.Alfabeta.
Aryianto, M. Z., & Prihandono, D. (2018). The Influence Of Electronic Word-OfMouth And Destination Image On Visit Decision Through Visit Intention As Intervening Variable. Management Analysis Journal, 7(3), 318-327.
Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Berkunjung Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal EBis, 6(1), 1-16.
Cahyanti, M. M., & Anjaningrum, W. D. (2017). Meningkatkan niat berkunjung pada generasi muda melalui citra destinasi dan daya tarik kampung wisata. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 35-41.
Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, Hani. (2015). Manajemen Pemasaran: analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta.BPE UGM
Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya Echtner,
C. M., & Ritchie, J. B. (1991). The meaning and measurement of destination image. Journal of tourism studies, 2(2), 2-12.
Ghofur, Abdul & Supriyono. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Sego Njamoer (Studi pada Gerai Sego Njamoer Foodcourt Royal Plaza Surabaya). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(2), 380–394.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). eâ€WOM Scale: word†ofâ€mouth measurement scale for eâ€services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l'Administration, 27(1), 5-23.
Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat membeli secara online pada pengunjung website classifieds di inonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 183- 195.
Hailin Qu, et al., 2010. A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image. Journal homepage: www.elsevier.com/locate/tourman Hariono. (2018). Apakah Ewom (Electronic Word Of Mouth) Bisa Mengalahkan Wom (Word Of Mouth) Dalam Mempengaruhi Penjualan Produk Kuliner. Kompetensi, 12(1), 12–21.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Ismayanti, I. (2010). Pengantar pariwisata. PT Gramedia Widisarana. Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Domestik (Jiwa), 2020-2022. BPS provinsi NTT. (n.d.). https://ntt.bps.go.id/indicator/16/67/1/jumlah-wisatawanmancanegara-dan-domestik.html Kaplan, Andreas & Michael HaenLein, 2010.User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing management 12e. Upper Saddle River, NJ: Pears Education. Kotler, P., Keller, K. L., & Manajemen Pemasaran, E. (2012). 12, Jilid 1, Alih Bahasa oleh: Benyamin Molan, Jakarta: PT. Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Kurniansah, R. (2014). Potensi Pariwisata Budaya Desa Sade Sebagai Salah Satu Objek Wisata Pulau Lombok-Provinsi Nusa Tenggara Barat (Ntb).
Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism management, 29(3), 458- 468. Lopes, S. D. F. (2011). Destination image: Origins, developments and implications. PASOS. Revista de Turismo y Patrimonio Cultural, 9(2), 305- 315.
Maghfiroh, A. (2017). Analisis pengaruh electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap minat berkunjung serta dampaknya terhadap keputusan berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
Martina, S., & Purnama, R. (2013). Strategi inovasi produk wisata dalam upaya meningkatkan minat berkunjung wisatawan ke grama tirta jatiluhur purwakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2).
Morgan, N., Pritchard, A., & Pride, R. (2007). Destination branding. Routledge.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Travel as a journal publisher. Copyright includes the right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, and their translations.
The TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Tourist Travel and Editors strive to ensure that no false or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of articles and advertisements published in the Travel Media journal are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.