Pengaruh Promosi Sosial Media Terhadap Minat Berkunjung Di Museum Mpu Purwa Kota Malang

Authors

  • Assy Sepira Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Estikowati Estikowati Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Stella Alvianna Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Alwin Lasarudin Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jt.v4i1.13503

Keywords:

Promosi Sosial Media, Minat berkunjung, purposive sampling

Abstract

Museum Mpu Purwa Kota Malang memiliki akun media sosial berupa Instagram bernama @museum_mpupurwa. Akun tersebut memiliki berbagai artikel, gambar, dan video yang diunggah dengan informasi tentang Museum Mpu Purwa. Promosi Sosial Media menjadi salah satu faktor yang berperan besar terhadap minat berkunjung di Museum Mpu Purwa Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi media sosial terhadap minat berkunjung di Museum Mpu Purwa Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah membagikan kuesioner melalui google form dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17 tahun ke atas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden. Metode uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada promosi sosial media terhadap minat berkunjung di Museum Mpu Purwa Kota.

References

Adinda, S. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram @Exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi (Survei Pada Followers @exploremalang). Universitas Brawijaya.

Ahmad Suryadi, S. P. (2021). Menapak Indonesia: Menelusuri Setiap Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia Jilid 2 (Pulau Jawa). CV Jejak (Jejak Publisher).

Anomin. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Anugerah, H. A. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Untuk Menginap Di Capoalaga Adventure Camp Subang Proyek Akhir. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Chandra, B. (2017). Membaca Hasil Analisis Dengan SpsS. 1-9. Elkan, M. (2022, march 4). Cara Membaca nilai R Tabel dan Download R Tabel (Tabel r).

Favian, J. (2018, may 20). Museum Mpu Purwa, Jejak Peninggalan Sejarah Masa Lampau Malang.

Fitri, S. M. (2022, march 4). Semarang Contemporary Art Gallery, Museum Modern di Kota Lama Semarang yang Tak Boleh Dilewatkan. jatim.bpk.go.id. (2022). Kabupaten Malang.

Junaidi. (2010). tabel-t. titik persentase distribusi t, 1-6. Romanov, M. (2023, may 31). Museum Mpu Purwa : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot.

Sendari, A. A. (2021, february 27). Wisata Sejarah di Malang Paling Populer, dari Museum sampai Bangunan Kuno. Setiawan, A. (2022, september 6). DISTRIBUSI FREKUENSI.

Sholikha, E. A., & Sunarti. (2019, may 8). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @batuflowergarden.Cobanrais).

Syafnidawaty. (2020, november 4). Apa Itu Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Widi, S. (2023, february 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles